PATADaily.id - Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Bumi pada 22 April, KAI Services melakukan sejumlah langkah cinta bumi dengan berbagai program ramah lingkungan. Mulai dari penggunaan produk yang ramah lingkungan hingga melakukan gerakan mudik minim sampah saat masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2025 menjadi wujud nyata dukungan KAI Services akan kelestarian bumi.
Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan, KAI Services mendukung program Environmental, Social, and Governance (ESG) sekaligus meningkatkan kesadaran pelanggan kereta api akan pentingnya keberlanjutan alam serta gaya hidup ramah lingkungan.
KAI Services menyadari perjalanan berkelanjutan tidak hanya terjadi di jalur rel, tetapi juga dalam cara kita menjaga kelestarian bumi yang menjadi rumah kita bersama. Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, dalam rangka peringatan hari bumi, KAI Services melakukan sejumlah langkah untuk membuat bumi kita tetap lestari mulai dari penanaman pohon di area Stasiun Mangga Besar, hingga penggunaan produk ramah lingkungan di Kuliner Kereta.
Selain itu, penggunaan Electronic Bill menjadi salah satu langkah KAI Services untuk lebih ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas yang dapat mengurangi limbah dan membuat lingkungan lebih bersih. Semua kami lakukan sebagai bentuk kepedulian KAI Services terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian bumi.
“Kami melakukan sejumlah langkah kongkret untuk menjaga bumi tetap lestari. Salah satu langkah yang kami lakukan baru-baru ini adalah dengan menggaungkan aksi Mudik Minim Sampah dengan mengajak para penumpang kereta api untuk membawa tas belanja sendiri guna mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja selama perjalanan. Selain itu, disarankan menggunakan tumbler pribadi sebagai tempat minum untuk mengurangi penggunaan botol plastic sekali pakai.” ujar Firhan dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (23/4/2025).
Firhan menambahkan, KAI Services menjadikan momentum peringatan hari bumi ini untuk menciptakan program-program yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga mampu menginspirasi tindakan nyata di kalangan pelanggan dan masyarakat luas. (Gabriel Bobby)