TRAVEL

Destinasi Alternatif Baru Keluarga Indonesia Saat Libur Tengah Tahun

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Platform perjalanan digital Agoda mengungkap tren perjalanan selama libur tengah tahun di Indonesia, yang menunjukkan peningkatan minat terhadap destinasi domestik yang jarang menjadi pilihan utama, serta menikmati pengalaman budaya di berbagai negara Asia.

Riset ini menunjukkan bahwa pada musim liburan kemarin, keluarga Indonesia mencari perjalanan wisata yang menarik dan berkesan bagi semua anggota keluarga, mulai dari menikmati keindahan alam di berbagai destinasi lokal hingga pengalaman spiritual dan jelajah budaya ke destinasi mancanegara.

Berdasarkan data pencarian akomodasi di aplikasi Agoda, Bandar Lampung mencatat pertumbuhan minat perjalanan domestik tertinggi oleh keluarga Indonesia selama libur tengah tahun, yakni sebesar 103%, diikuti Garut (84%) dan Dieng (63%). Temuan ini menunjukkan meningkatnya ketertarikan terhadap destinasi yang menawarkan pengalaman unik di alam, kehidupan satwa liar, serta kekayaan budaya lokal.

Dari pantai-pantai indah, pulau-pulau tropis nan mempesona di Bandar Lampung, serta ketenaran Nisa, bayi gajah viral di Taman Nasional Way Kambas, pemandangan pegunungan di Garut beserta ciri khas budaya lokalnya, hingga fenomena langka ‘embun upas’ di Dieng yang terjadi di antara kawah vulkanik dan candi-candi kuno, ketiga destinasi domestik ini menarik minat keluarga Indonesia selama musim liburan sekolah kemarin.

Minat keluarga Indonesia untuk bepergian ke luar negeri juga menunjukkan peningkatan, terutama ke destinasi seperti Mekkah, Arab Saudi (234%), Sapporo, Jepang (222%), dan Shanghai, Tiongkok (102%). Tren ini menunjukkan bagaimana keluarga Indonesia semakin memanfaatkan momen liburan sekolah untuk mencari pengalaman bermakna yang tidak hanya sebatas wisata, tetapi juga menggabungkan unsur spiritual dan menikmati kekayaan budaya.

Mekah menawarkan perpaduan unik antara refleksi spiritual dan waktu berkualitas bersama keluarga, dengan banyak keluarga yang memperpanjang perjalanan umroh mereka ke destinasi budaya terdekat seperti Turki, Mesir, atau Jordania. Di Sapporo, suasana liburan tengah tahun dimeriahkan berbagai festival budaya, konser luar ruang, dan pemandangan memukau seperti Danau Toya sehingga menjadi perpaduan sempurna antara budaya dan keindahan alam. 

Sementara Shanghai semakin populer berkat kebijakan bebas visa China, dibukanya rute penerbangan langsung dari Medan, serta upaya pengembangan wisata ramah keluarga yang menjadikannya mudah diakses dan lebih diminati.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia, mengatakan, “Kami melihat adanya pergeseran pola perjalanan wisata selama musim libur sekolah kemarin, dimana semakin banyak keluarga yang tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat menarik yang kurang populer di Indonesia, serta kota-kota internasional yang menawarkan kekayaan budaya dan pengalaman unik". 

"Hal ini mencerminkan preferensi yang berkembang terhadap perjalanan yang lebih bermakna dan fleksibel, yang dapat menyesuaikan dengan minat dan kebutuhan anggota keluarga dari berbagai usia. Program School Holiday Sale dari Agoda yang menawarkan diskon tambahan 5% pada pemesanan akomodasi tertentu, merupakan bentuk komitmen kami dalam mewujudkan liburan keluarga yang lebih mudah diakses dan menyenangkan," tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/7/2025).

Dengan lebih dari 6 juta akomodasi liburan, 130.000 rute penerbangan, dan 300.000 pilihan aktivitas, Agoda memudahkan keluarga dalam merencanakan liburan, baik di dalam negeri maupun mancanegara. Kunjungi Agoda.com/deals atau unduh aplikasi Agoda untuk mendapatkan penawaran terbaik. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side