PATADaily.id - Jakarta - Seorang petugas keamanan di Stasiun Kranji viral di sosial media berkat aksinya siaga menolong penumpang yang pingsan di Stasiun Kranji pada akhir Januari lalu. Video security yang diposting akun @aboutdkj ini menggambarkan detik-detik satuan keamanan KAI Services menolong dan memanggil rekan-rekan security lainnya untuk menolong penumpang yang pingsan.
Penumpang yang pingsan tersebut kemudian ditandu bersama 3 satuan keamanan lainnya yang siaga memberikan pertolongan dan membawa penumpang untuk mendapatkan pertolongan pertama. Aksi petugas satuan keamanan ini mendapatkan apresiasi dari netizen. Banyak netizen yang melayangkan pujian untuk aksi sang satuan keamanan.
Seperti yang dituliskan akun @Susywidyasari apresiasi untuk satpam yang hebat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Ada juga akun @Dwikoraharjo6 yang menuliskan Gercep dan cepet tanggap pak security yang udah menolong penumpang yang pingsan, sehat selalu teman-teman security.Ada juga akun @resita11 yang menuliskan Satpamnya sigap banget, ga kalah sama security BCA ini dalam hal memberikan pelayanan.
Postingan Security menolong seorang pria yang pingsan di Stasiun Kranji di akun @aboutdkj hingga Selasa (4/2) sudah mendapatkan like dari netizen di instagram sebanyak 18,8 ribu like dan komentar sebanyak 312 komentar serta telah di-share sebanyak 369 kali.
Menanggapi viralnya postingan petugas keamanan yang siaga menolong penumpang yang pingsan di Stasiun Kranji ini, Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, mengatakan, sebagai perusahaan pengelola satuan keamanan yang bertugas di stasiun menanamkan kepada setiap petugas untuk senantiasa memberikan pelayanan dengan hati kepada setiap penumpang KRL dalam situasi apapun, termasuk selalu sigap menolong setiap penumpang yang sakit ataupun membutuhkan pertolongan.
“KAI Services selalu menanamkan nilai-nilai humanis kepada setiap petugas keamanan yang menjalankan tugas di stasiun. Dibalik sikap tegasnya, petugas satuan keamanan juga siaga untuk menolong setiap penumpang yang membutuhkan pertolongan ataupun dalam keadaan sakit, saya mengapresiasi sikap petugas yang sudah menjalankan tugas dengan memberikan pelayanan dengan hati kepada seorang penumpang KRL” ujar Firhan dalam keterangan resmi, Rabu (5/2/2025).
Firhan menambahkan, petugas satuan keamanan ini selalu diberikan pembinaan serta diberikan training hospitality yang berisi materi bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Mulai dari senyum menyapa penumpang hingga memberikan pertolongan bila ada penumpang yang membutuhkan bantuan saat berada di dalam KRL maupun saat berada di dalam stasiun.(Gabriel Bobby)