TRAVEL

KAI Wisata Hadirkan Layanan Porter Digital yang Praktis dan Berkelanjutan di 14 Stasiun Besar

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan serta mendukung transformasi digital dalam ekosistem perkeretaapian, PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) terus memberi info kepada masyarakat  bahwa layanan e-Porter kini telah terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI. Aplikasi e-Porter ini terus diharapkan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi para pengguna jasa kereta api, khususnya dalam hal layanan bantuan angkut barang di stasiun.

Melalui integrasi ini, penumpang kini dapat melakukan pemesanan layanan porter digital secara instan langsung dari aplikasi Access by KAI, maupun melakukan pemesanan terjadwal melalui aplikasi e-Porter. Kedua kanal ini dirancang agar semakin memudahkan penumpang dalam mengakses layanan porter kapan pun dibutuhkan.
Saat ini, layanan e-Porter telah tersedia di 14 stasiun besar yang tersebar di kota-kota utama di Indonesia, yakni:
1.    Stasiun Gambir (Jakarta)
2.    Stasiun Pasar Senen (Jakarta)
3.    Stasiun Jatinegara (Jakarta)
4.    Stasiun Bekasi (Jakarta)
5.    Stasiun Bandung
6.    Stasiun Cirebon
7.    Stasiun Purwokerto
8.    Stasiun Semarang Tawang
9.    Stasiun Solo Balapan
10.    Stasiun Yogyakarta
11.    Stasiun Madiun
12.    Stasiun Surabaya Gubeng
13.    Stasiun Surabaya Pasar Turi
14.    Stasiun Malang

Dengan tarif flat Rp38.000, penumpang dapat menikmati layanan porter profesional yang membantu membawa barang bawaan secara efisien dan nyaman. Harga ini bersifat tetap dan transparan, tanpa biaya tambahan tersembunyi.

Direktur Operasi KAI Wisata, Eko Januardi, menyampaikan bahwa kehadiran e-Porter sebagai bagian dari integrasi dengan Access by KAI merupakan langkah nyata KAI Wisata dalam menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis dan serba digital. “Integrasi e-Porter dengan Access by KAI adalah bentuk komitmen kami dalam menciptakan ekosistem pelayanan transportasi berbasis digital yang nyaman, aman, dan dapat diakses semua kalangan, dengan porter digital, kami tidak hanya membantu penumpang, tetapi juga mendukung efisiensi operasional dan keberlanjutan layanan kereta api masa kini,” ujar Eko Januardi dalam keteragan resmi, Selasa (15/7/2025).

Layanan e-Porter sangat direkomendasikan bagi penumpang dengan barang bawaan yang banyak, lansia, ibu hamil, penumpang difabel, maupun wisatawan yang ingin menikmati perjalanan dengan lebih tenang dan praktis. Selain memberikan pengalaman layanan yang profesional dan terjadwal, e-Porter juga mendorong proses pelayanan yang lebih tertib, teratur, dan berkelanjutan, sejalan dengan semangat digitalisasi pelayanan publik. Penumpang dapat mengakses layanan ini dengan dua cara:
•    Melalui aplikasi Access by KAI pada menu e-Porter untuk pemesanan instan
•    Melalui aplikasi e-Porter untuk pemesanan instan dan terjadwal

Seluruh proses dilakukan secara digital, sehingga mempercepat dan menyederhanakan pengalaman pemesanan jasa porter tanpa perlu antri atau negosiasi langsung di stasiun. Hadirnya layanan e-Porter merupakan bagian dari visi besar KAI Wisata dan KAI Group dalam menghadirkan transportasi publik yang tidak hanya aman dan tepat waktu, tetapi juga humanis dan inklusif. Digitalisasi layanan porter ini diharapkan dapat menjadi standar baru dalam memberikan kenyamanan ekstra kepada setiap pelanggan kereta api di Indonesia.

“KAI Wisata mengajak seluruh penumpang kereta api untuk mulai beralih menggunakan layanan porter digital melalui e-Porter, demi pengalaman perjalanan yang lebih mudah, tertata, dan mendukung keberlanjutan layanan publik yang ramah teknologi,” tutup Eko. (Gabriel Bobby)

 

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side