PATADaily.id - PT HIN menyambut wisatawan dengan mengimplementasikan prosedur kesehatan New Normal Clean, Healthy, Safety (CHS).
Sejalan dengan kebijaksanaan pelonggaran yang dilaksanakan pemerintah sehingga kegiatan perekonomian secara bertahap kembali berjalan dan melalui implementasi "Prosedur dan Protokol Kesehatan New Normal", okupansi hotel Inna di beberapa kota mengalami peningkatan.
Dengan Prosedur dan Protokol Kesehatan New Normal yang telah diimplementasikan tersebut, para tamu dilayani dengan tingkat kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang tinggi pada saat mereka tiba menginap dan melaksanakan aktivitas dan kegiatan di Inna hotel hingga chekout dari hotel.
Dengan mengacu pada kebijaksanaan dan program yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan "Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia", HIN mengimplementasikan "SOP dan Protokol Kesehatan New Normal" yang menekankan aspek "kebersihan, kesehatan, dan keamanan" (Clean, Healthy, Safety) yang mencakup seluruh kegiatan dan aktivitas serta operasional hotel; mulai dari ketentuan dan prosedur "new normal" untuk seluruh karyawan, kebersihan kamar dan berbagai sarana dan fasilitas hotel seperti layanan receiptionist, housekeeping, meeting room, ball room, food and beverage, laundry, spa, pool and fitness, hingga prosedur di bidang engineering dan perawatan serta berbagai bidang operasional hotel lainnya.
Sebagai bagian dari langkah untuk memastikan terlaksananya SOP dan Protokol Kesehatan New Normal tersebut, selain sosialisasi dan edukasi yang telah dilaksanakan kepada para petugas hotel dan seluruh jajaran karyawan, HIN juga telah menyiapkan berbagai sarana informasi di area publik dan kamar hotel berkaitan dengan prosedur standar kebersihan dan higienitas, seperti informasi menjaga jarak di lift, menjaga jarak di lobi, bagaimana menekan tombol lift dengan aman, peta lokasi tempat cuci tangan atau hand sanitizer; serta berbagai petunjuk dan informasi-informasi lain untuk memastikan kebersihan dan higienitas di seluruh area dan kawasan hotel.
Dengan penerapan Prosedur dan Kesehatan New Normal dan sejalan dengan dibukanya kembali kegiatan kepariwisataan di Yogyakarta pada awal Juni 2020, hotel Grand Inna Malioboro pada akhir pekan minggu pertama ini menunjukkan peningkatan jumlah tamu yang datang.
Hal yang sama dialami Inna Prapat Hotel & Resorts yang berada di kawasan wisata Danau Toba. Dengan dibukanya kembali kegiatan wisata di kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas, Inna Prapat Hotel & Resorts juga mengalami peningkatan tamu yang signifikan. Pada periode minggu terakhir bulan Mei, saat Iedul Fitri, ocupansi Inna Prapat Hotel & Resorts mencapai 80 - 100%, dan okupansi rata-rata pada bulai Mei mencapai 41%.
Siaran pers yang diterima patadaily.id, Kamis (11/6/2020) menulis, dengan rencana ditetapkannya Inna Prapat Hotel & Resorts sebagai hotel percontohan bagi seluruh hotel di kawasan Danau Toba oleh Pemerintah Daerah setempat karena menerapkan Prosedur dan Protokol Kesehatan New Normal sesuai standard pemerintah, dengan dibukanya kembali kegiatan kepariwisataan di kawasan Danau Toba, okupansi Inna Prapat selama periode 1 hingga 7 Juni meningkat signifikan, mencapai rata-rata sebesar 56,30%.
Sebelumnya, hotel Grand Inna Kuta juga telah menerima tamu dari Pekerja Migran Indonesia yang datang dalam group, dimana selama bulan Mei hingga Juni ini, tamu yang menginap di Grand Inna Kuta mencapai 1842 Room Nights.
Direktur Utama PT HIN Iswandi Said mengatakan, "Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang paling pertama terkena dampak Covid-19, dan kemungkinan merupakan sektor industri yang paling belakang mengalami pemulihan; namun dengan berbagai langkah dan inovasi yang telah kami laksanakan selama masa pandemi Covid-19; dan melalui implementasi "Protokol Kesehatan Era Normal Baru", HIN siap menyambut bisnis di era New Normal, dan optimis secara bertahap industri perhotelan akan kembali berkembang, menuju ke pemulihan". (Gabriel Bobby)