Destination

Yuk Kenalan dengan Petugas Cleaning Excellence KAI Services, Penggerak Liburan Minim Sampah saat Nataru

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, KAI Services terus melakukan berbagai upaya untuk menghadirkan kenyamanan bagi para penumpang. Salah satu langkah tersebut diwujudkan melalui kehadiran Petugas Cleaning Excellence yang bertugas mengampanyekan gerakan liburan minim sampah di lingkungan stasiun dan kereta api.

Melalui unit Resclean, KAI Services menugaskan sebanyak 34 personel khusus yang berperan aktif mengajak para penumpang untuk menjaga kebersihan selama bepergian. Petugas Cleaning Excellence ini ditempatkan di sejumlah titik stasiun dengan potensi kepadatan penumpang yang tinggi, meliputi Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon Kejaksan, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, hingga Ketapang.

Petugas Cleaning Excellence direkrut secara khusus untuk bertugas selama periode Angkutan Nataru, mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 mendatang. Mereka merupakan anak-anak muda yang dinamis dan komunikatif, serta dipilih melalui sejumlah kriteria khusus. Petugas ini dibekali kemampuan komunikasi yang santun dan membangun sehingga mampu menjadi duta kebersihan yang menyenangkan bagi seluruh penumpang. Selain itu, mereka juga memiliki empati tinggi untuk memahami kesibukan penumpang, sehingga pendekatan yang dilakukan bersifat membantu, bukan menggurui.

Tidak hanya itu, Petugas Cleaning Excellence juga dituntut memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar, cermat melihat hal-hal kecil dan peluang perbaikan di area stasiun maupun kereta api. Dengan sikap yang konsisten dan penuh semangat, petugas ini diharapkan mampu menjaga energi positif selama bertugas dari awal hingga akhir shift dinasan.

Manager Corporate Communication KAI Services, Nyoman Suardhita, menyampaikan bahwa kehadiran Petugas Cleaning Excellence merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi pelanggan.

“Selama masa Angkutan Nataru, volume penumpang meningkat signifikan. Melalui Petugas Cleaning Excellence ini, kami tidak hanya fokus pada aspek kebersihan, tetapi juga mengajak penumpang untuk bersama-sama membangun kesadaran menjaga kebersihan sebagai bagian dari budaya perjalanan,” ujar Nyoman dalam keterangan resmi, Rabu (24/12/2025).

Melalui kampanye liburan minim sampah ini, KAI Services berharap dapat meningkatkan partisipasi aktif penumpang dalam menjaga kebersihan fasilitas publik perkeretaapian. Inisiatif ini sekaligus menegaskan peran KAI Services sebagai mitra strategis PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menghadirkan layanan perkeretaapian yang bersih, nyaman, dan berkelanjutan selama momen libur Natal dan Tahun Baru. (Gabriel Bobby)

 

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side