PATADaily.id - Jakarta - Satuan keamanan KAI Services menjadi sorotan khalayak umum khususnya pengguna KRL berkat aksi-aksi kemanusiaan yang dilakukan di stasiun. Apresiasi positif diberikan pengguna KRL mulai dari membantu penumpang penyandang disabilitas yang berjalan berbaris menuju peron di Stasiun Cikini hingga mengamankan pelaku pelecehan seksual didalam Commuter Line relasi Rangkas Bitung – Tanah Abang pada Senin (14/4/2025).
Menurut data yang dikeluarkan KAI Commuter, dari Januari hingga September 2024 lalu tercatat sebanyak 106 kasus tindak kejahatan berhasil ditangani satuan keamanan KAI Services, mulai dari kasus vandalisme, pencurian, hingga kasus pelecehan seksual.
Satuan keamanan KAI Services dengan tegas menindak pelaku-pelaku tindak kejahatan saat berada di stasiun maupun saat berada didalam kereta.Tercatat 42 kasus pelecehan seksual berhasil ditindak satuan keamanan KAI Services dalam periode Januari hingga Septermber 2024.
Tidak hanya tegas menindak pelaku tindak kejahatan, satuan keamanan KAI Services juga menjunjung tinggi nilai-nilai humanis dalam menjalankan tugas di lapangan. Mulai dari menolong penumpang disabilitas menuju peron atau membantu mengarahkan menuju pintu keluar stasiun hingga membantu penumpang manula mendorong kursi roda saat berada di stasiun, semua dilakukan dengan sepenuh hati.
Nilai-nilai kemanusiaan dalam membantu penyandang disabilitas dan Manula ini tidak jarang mendapatkan apresiasi positif dari para pengguna KRL. Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, KAI Services senantiasa melakukan pembinaan maksimal terhadap jajaran frontliner yang bertugas, termasuk petugas satuan keamanan.
Salah satu pembinaan yang dilakukan adalah melalui training hospitality dengan memberikan materi utama bagaimana merespons pengguna KRL yang membutuhkan bantuan dengan pelayanan sepenuh hati. KAI Services selalu memastikan pegawai yang bertugas siap melayani pelanggan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).
“Setiap pembinaan kita selalu mengingatkan dan menekankan pentingnya pelayanan prima kepada para pengguna KRL dan memngimplementasikan pelayanan hospitality berjalan dengan baik di lapangan. Selain itu kita juga senantiasa mengingatkan, mengarahkan dan memberikan informasi kepada pengguna KRL akan pentingnya keamanan dan keselamatan, “ ujar Firhan dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (10/6/2025). (Gabriel Bobby)