United Nations World Tourism Organization (UNWTO) meluncurkan _rebranding_ nama dan logo menjadi “UN Tourism” pada 24 Januari 2024 saat rangkaian acara FITUR Madrid 2024.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (01/02/2024), menyambut baik rebranding UNWTO menjadi UN Tourism.
“Hal ini sejalan dengan arah pengembangan pariwisata Indonesia yang juga berorientasi pada ‘people and planet’ dengan fokus pada _sustainability, _productivity_ , dan _inclusivity_,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangan resmi.
Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Martini M Paham, menjelaskan _rebranding_ ini menegaskan status organisasi pariwisata dunia ini sebagai badan khusus PBB yang menangani pariwisata.
“_Rebranding_ ini juga mengukuhkan UN Tourism sebagai pemimpin global dalam pembangunan pariwisata, serta mendorong perubahan sosial dan ekonomi untuk memastikan _people and planet_ menjadi prioritas,” kata Martini.
UN Tourism memiliki _tagline_ baru yaitu “Bringing the world closer” yang menginspirasi bentuk logo _supercontinent_ (superbenua) berbentuk figur manusia yang sedang beraksi. Perubahan dari logo sebelumnya yang berbentuk bola bumi merupakan refleksi penekanan organisasi pada sifat dinamis pariwisata dan prioritas pada sumber daya manusia (SDM).
“Sehubungan dengan _rebranding_ tersebut, Kemenparekraf menginformasikan kepada _stakeholder_ terkait untuk menyesuaikan logo dan _branding_ dalam semua program dan kegiatan yang terkait UN Tourism,” kata Martini.
_Branding_ baru ini akan diimplementasikan secara bertahap selama beberapa bulan ke depan, mulai dari _digital channels_ seperti _website_, akun sosial media, dan _newsletter_, dan dilanjutkan pada ruang fisik seperti kantor-kantor, _event_, dan elemen fisik lainnya.
Saat ini UN Tourism telah memiliki 160 negara anggota dan lebih dari 500 anggota afiliasi. UN Tourism memiliki kantor pusat atau _headquarter_ yang berlokasi di Madrid, Spanyol. UN Tourism juga memiliki kantor regional di Riyadh (Arab Saudi), di Nara (Jepang) yang mencakup kawasan Asia dan Pasifik, dan kantor regional untuk kawasan Amerika di Rio de Janeiro, Brasil, dan Afrika di Moroko yang akan segera beropersi. (Gabriel Bobby)