DESTINATIONS

Promosi Pariwisata di Perancis Gencar

Promosi gastronomi Indonesia di Perancis (Ist)

'You can’t do today’s job with yesterday’s methods and be in business tomorrow'.

Merupakan suatu tantangan untuk VITO Perancis untuk terus giat mengenalkan dan mempromosikan Indonesia di Perancis. Jumlah turis Perancis yang berlibur ke Indonesia semakin meningkat tapi masih banyak orang Perancis yang belum tahu tentang Indonesia. Banyak cara untuk mempromosikan namun diperlukan strategi yang tepat dengan sasaran yang benar, dan menggunakan event yang jelas dan membawa hasil untuk Indonesia.

Kali ini Indonesia kembali hadir di acara bergengsi di Paris, dengan menggunakan gastrodiplomacy sebagai strategi marketing 'out of the box' untuk mengenalkan Indonesia di ajang internasional.

Mulai 15 hingga 17 November mendatang,  Marché de Rungis yaitu pasar produk-produk segar terbesar di dunia yang berlokasi di dekat Paris, merayakan ulang tahunnya yang ke-50 tahun ini dengan membuat edisi pertama festival gastronomi di tempat bergengsi di Paris, Grand Palais.

Adapun selama tiga hari di Grand Palais akan diadakan pasar makanan gourmet Perancis dan internasional seluas 15 000 m2, terdiri dari 120 peserta perusahaan ekspor-impor makanan Perancis dan internasional dan juga semua chef terkenal akan hadir memeriahkan acara ini.  

Siaran pers yang diterima patadaily, Senin (11/11/2019) menulis, pameran ini juga dibuka untuk publik  dimana mereka bisa membeli langsung produk segar langsung dari Pasar Rungis dan partner-partner-nya. 

Suatu kehormatan untuk Indonesia bisa tampil di tengah-tengah semua pengusaha makanan-makanan di Perancis di acara bergengsi dengan Rungis.

Dan untuk juga bisa mempromosikan produk-produk Indonesia kedepannya,  VITO menggandeng Paris Store, salah satu supermarket Asia terbesar di Perancis.

Pada malam pembukaan tanggal 15 November, di stand Indonesia akan digelar demo masak yang dilakukan oleh Chef Budi, dari restoran INDONESIA di Paris, yang akan membuat demo Tempe Oseng dan Dadar Gulung, dan akan diundang juga President Rungis dan Duta Besar Indonesia di Perancis Arrmanatha Nasir untuk  pemotongan tumpeng , dilanjutkan presentasi tentang Indonesian tourism gastronomy oleh Shanti Travel, salah satu travel agent specialist Indonesia. Acara juga akan dimeriahkan oleh tarian Saman dari Aceh yang dibawakan oleh PPI Paris dan Pencak Silat KBRI Paris.

Semua tamu-tamu VIP akan diundang juga untuk mencicipi makanan khas Indonesia seperti nasi tumpeng dan jajanan pasar tradisional. Dan pada Sabtu, 16 November, Eka Moncarre dari VITO Perancis akan memberikan presentasi di depan pengunjung dengan tema : L’Indonésie, l’archipel aux épices yang artinya Indonesia, kepulauan rempah-rempah.

Selama tiga hari, pengunjung akan diberikan informasi tentang pariwisata Indonesia dan akan disuguhkan juga tasting kue kue Indonesia.  Tari-tarian Betawi, Kalimantan dan Papua juga akan ditampilkan.

Dengan memperkenalkan Indonesia lewat event gastronomi di Rungis, bukan pariwisata Indonesia saja yang dipromosikan, tapi juga gastronomi indonesia, produk-produk Indonesia dan juga kebudayaan Indonesia. Suatu promosi yang dikemas secara lengkap dengan cara kreatif dan inovatif, dan Eka berharap semoga dengan promosi Indonesia di event ini bisa menarik lebih banyak wisman Perancis berkunjung ke Indonesia dan juga meningkatkan devisa ke Indonesia.

Promosi Indonesia di Grand Palais merupakan kolaborasi antara VITO dengan partner-parner perusahaan Perancis yaitu Paris Store dan Shanti Travel, dan juga didukung restoran-restoran Indonesia yang adadi Paris, yakni Restoran INDONESIA, Restoran BORNEO, PPI Perancis dan tim Pencak Silat KBRI Paris. (Gabriel Bobby)
 

Artikel Lainnya