Destination

Musim Hujan, KAI Services Siagakan Ribuan Personel dan Peralatan Canggih

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Memasuki musim hujan, KAI Services memastikan kesiapsiagaan seluruh lini kebersihan untuk menjaga kenyamanan pelanggan kereta api. Saat ini, KAI Services memiliki sebanyak 9.917 personel petugas kebersihan yang tersebar di berbagai wilayah operasional, baik di atas kereta maupun di area stasiun.

Para petugas tersebut terdiri dari petugas kebersihan area stasiun, petugas cuci kereta, hingga petugas on-trip cleaning yang bertugas menjaga kebersihan selama perjalanan kereta.

Dalam mendukung tugas mereka, KAI Services juga memperkuat kesiapan dengan berbagai peralatan pembersih modern seperti ride-on scrubber, sweeper machine, dan i-Mop yang ditempatkan di sejumlah stasiun besar. Penggunaan peralatan ini memungkinkan proses pembersihan dilakukan lebih cepat, efisien, dan higienis, terutama pada saat curah hujan tinggi.

Selain itu, KAI Services juga secara berkala memberikan pelatihan penyegaran (refreshment training) kepada petugas kebersihan di berbagai wilayah kerja. Pelatihan ini bertujuan menambah wawasan dan keterampilan petugas agar tetap sigap dan profesional dalam menjaga kebersihan di tengah tantangan musim hujan.

“Menjelang puncak musim hujan, kami memastikan seluruh tim dan peralatan dalam kondisi siap. Selain memastikan kesiapan alat, kami juga memberikan pelatihan tambahan agar petugas semakin terampil dan tanggap di lapangan. KAI Services berkomitmen menjaga kebersihan dan kenyamanan pelanggan, baik di dalam kereta maupun di area stasiun,” ujar Nyoman Suardhita, Manager Corporate Communication KAI Services dalam keterangan resmi, Kamis (6/11/2025).

Nyoman menambahkan, KAI Services juga berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk unit-unit kerja di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero), untuk memastikan pelayanan kebersihan tidak terganggu meski terjadi hujan deras di sejumlah wilayah.

Sesuai data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan di berbagai wilayah Indonesia telah dimulai sejak Agustus lalu dan diperkirakan mencapai puncaknya antara November 2025 hingga Februari 2026 mendatang.

Mengantisipasi hal tersebut, KAI Services memperketat langkah-langkah pencegahan dan pemeliharaan rutin agar fasilitas publik di lingkungan stasiun dan kereta tetap dalam kondisi bersih, aman, dan nyaman bagi pelanggan.

“Personel kami di lapangan tetap siaga penuh untuk memastikan tidak ada genangan air, lantai tetap kering, dan fasilitas publik terjaga kebersihannya. Kami ingin pelanggan tetap merasa aman dan nyaman meskipun hujan turun deras,” pungkas Nyoman.

Dengan langkah-langkah tersebut, KAI Services menegaskan komitmennya dalam mendukung pelayanan prima PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta menjaga pengalaman perjalanan pelanggan tetap menyenangkan di setiap musim. (Gabriel Bobby)

 

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side