Destination

KAI Wisata Pembekalan Frontliner KAI Group

post-img

PATADaily.id - Jakarta - PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) 15 tahun sudah hadir untuk melayani pelanggan bersama 11 lini bisnis yang terus berkembang. KAI Wisata  selain mengelola kereta wisata, fasilitas shower n locker, hotel transit gambir, luxury lounge, paket tour perjalanan juga mengelola Tenaga Alih Daya (Frontliner). Kali ini KAI Wisata kembali menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan melalui pelatihan sumber daya manusia (SDM) frontliner. Program pelatihan ini rutin diadakan 2 kali dalam setahun dan dibagi dalam 2 semester. Untuk semester 2 ini pelatihan diselenggarakan di Horison Ultima Menteng Jakarta pada 7 - 16 Oktober 2024. 

Pelatihan ini diberikan oleh tenaga pengajar profesional dari internal KAI Wisata yang fokus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas pelayanan SDM. Peserta yang mengikuti pelatihan ini meliputi tenaga alih daya (frontliner) yang ditugaskan pada petugas passenger service, loket, customer service on train, customer service on station, announcer, petugas administrasi dan keuangan, petugas boarding pass dan bagasi, serta tenaga customer care CC121 dari Daop 1 dan KCI.

Hendy Helmy, Direktur Utama KAI Wisata, mengatakan, “KAI Wisata percaya bahwa SDM yang unggul merupakan aset penting dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, melalui pelatihan ini, kami berusaha menanamkan nilai-nilai profesionalisme dan etika kerja yang tinggi pada para frontliner agar selalu siap memberikan pelayanan prima dalam berbagai situasi.”

Mengusung tema “Be Happy: Membangun Nilai Kebahagiaan dalam Melayani Pelanggan”, pelatihan ini tidak hanya menitikberatkan pada peningkatan keterampilan teknis, tetapi juga pada pengembangan pola pikir positif dan kepemimpinan dalam layanan pelanggan. Program ini menyoroti pentingnya mengembangkan mindset, knowledge, dan skill sebagai kunci sukses dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan.

“Pelatihan ini juga menjadi wadah untuk membekali para peserta dalam menghadapi era digital dan dinamika perubahan industri transportasi yang semakin kompetitif, Kami ingin memastikan bahwa SDM KAI Wisata mampu beradaptasi dan terus berkembang untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat.” tambah Hendy Helmy dalam keterangan resmi, Jumat (18/10/2024).

Program pelatihan ini menggunakan metode edutainment (edukasi dan hiburan) yang interaktif, memadukan tutorial, simulasi, video inspiratif, serta diskusi dan role play. Dengan pendekatan ini, diharapkan peserta dapat menyerap materi dengan lebih efektif, sekaligus meningkatkan semangat dan antusiasme dalam bekerja. Melalui pelatihan ini, KAI Wisata memperkuat komitmen untuk menjaga mutu layanan pelanggan yang konsisten dan berkelanjutan. “Kualitas pelayanan yang baik harus dibangun dari SDM yang memiliki semangat, kompetensi, dan kebahagiaan dalam bekerja. Kami ingin frontliner kami selalu merasa bahagia dalam menjalankan tugasnya, karena kebahagiaan mereka akan tercermin dalam pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.” tutup Hendy Helmy.

Pelatihan berikutnya akan dilakukan diwilayah KAI Daerah Operasi 8 Surabaya, Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Daerah Operasi 7 Surabaya, Daerah Operasi 4 Semarang, Daerah Operasi 2 Bandung, Daerah Operasi 3 Cirebon dan Divisi Regional 1 Medan, Divisi Regional 2Padang, Divisi Regional 3 Palembang sampai dengan Divisi Regional 4 Semarang. (Gabriel Bobby)

 

Artikel Lainnya