Destination

KAI Services Cetak Security Profesional Lewat Pelatihan Gada Pratama dan Gada Madya

post-img

PATADaily.id - Depok - Profesional, tegas, dan humanis menjadi tiga prinsip utama yang dipegang KAI Services dalam menghadirkan layanan keamanan di stasiun maupun kereta api. Untuk memperkuat standar tersebut, KAI Services menggelar Pendidikan dan Pelatihan Satuan Keamanan Gada Pratama dan Gada Madya di Kampung Wisata Gowes, Serua, Depok, pada 28 Agustus  hingga 2 September 2025.

Pelatihan ini diikuti oleh 183 peserta, terdiri dari 146 Gada Pratama dan 37 Gada Madya dengan pendampingan langsung dari instruktur profesional, termasuk jajaran Polri. AKBP Hadi Setiawan, S.H., M.H., yang bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan, menegaskan bahwa standar profesionalitas petugas keamanan sangat penting dalam menciptakan rasa aman di lingkungan publik.

“Kualifikasi Gada Pratama dan Gada Madya memastikan setiap personel memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, dan disiplin yang sesuai standar nasional. Dengan kompetensi ini, mereka dapat menjalankan peran tidak hanya sebagai pengaman, tetapi juga sebagai pengelola situasi secara profesional,” ujar Hadi.

Pelatihan Berstandar Nasional

Materi pelatihan mencakup:

Kemampuan teknis keamanan: baris berbaris, drill tongkat, borgol, serta pengendalian situasi darurat.

Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), memastikan keamanan tidak hanya untuk penumpang, tapi juga petugas.

Hospitality dan komunikasi profesional, agar petugas mampu memberikan pelayanan yang ramah dan menjaga citra perusahaan.

Leadership dan manajemen pengamanan, khusus bagi peserta Gada Madya, untuk membentuk Danru dan Supervisor yang mampu memimpin dengan baik.

Komitmen KAI Services terhadap Layanan Profesional

Manager Corporate Communication KAI Services, Nyoman Suardhita, menyampaikan bahwa pelatihan ini bukan sekadar memenuhi regulasi, tetapi bagian dari strategi perusahaan dalam memperkuat brand KAI Services sebagai penyedia layanan keamanan yang modern, disiplin, dan profesional.

“Kami ingin mencetak tenaga keamanan yang menjadi panutan di lapangan—tegas dalam bertindak, humanis dalam pelayanan, dan profesional dalam menjaga integritas perusahaan. Reputasi KAI Services semakin kuat karena didukung SDM yang terlatih sesuai standar nasional dan siap menghadapi berbagai situasi dengan tepat,” ujar Nyoman dalam keterangan resmi, Senin (15/9/2025).

Dengan pelatihan ini, KAI Services menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan layanan keamanan berkelas yang sejalan dengan standar industri, sehingga pengguna transportasi publik dapat menikmati perjalanan dengan rasa aman, nyaman, dan penuh kepercayaan.

 

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side