PATADaily.id - The Golo Mori - InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) terus memperkuat komitmennya terhadap pengelolaan kawasan yang berkelanjutan dan aman melalui peningkatan kapasitas kesiapsiagaan bencana di kawasan The Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sebagai pengelola kawasan berstandar internasional, ITDC menaruh perhatian serius pada aspek keselamatan sebagai bagian dari pilar utama dalam pengembangan dan pengelolaan kawasan pariwisata. Upaya ini sejalan dengan visi ITDC sebagai pengembang destinasi wisata kelas dunia yang tidak hanya mengedepankan estetika dan kenyamanan, tetapi juga aspek keamanan dan keberlanjutan lingkungan.
Komitmen ini diwujudkan melalui kegiatan "Pelatihan Pemadaman Kebakaran dan Simulasi Tanggap Bencana" yang diselenggarakan pada Senin (23/6/2025) di Gedung Golo Mori Convention Center (GMCC). Kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan tim operasional dalam menghadapi situasi darurat.
“Keselamatan adalah fondasi utama dalam pengelolaan kawasan wisata berstandar tinggi. Melalui pelatihan ini, kami ingin memastikan bahwa seluruh tim di lapangan memiliki kompetensi dan kesiapsiagaan yang optimal untuk merespons potensi risiko,” ujar Wahyuaji Munarwiyanto, General Manager The Golo Mori.
Kegiatan dimulai dengan simulasi tanggap darurat yang melibatkan proses evakuasi seluruh orang dari dalam gedung menuju titik kumpul evakuasi, dipandu bunyi sirine sebagai penanda kondisi bahaya. Setelah seluruh peserta berkumpul di area aman, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pelatihan teknis yang mencakup pengenalan sumber potensi api, teknik dasar pemadaman, serta penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan metode alternatif lainnya.
ITDC bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Manggarai Barat dalam pelatihan ini. Sebanyak 10 personel profesional lengkap dengan satu unit mobil pemadam dan mobil tangki air dikerahkan untuk mendukung kegiatan tersebut. Sekitar 30 peserta mengikuti pelatihan, yang terdiri dari tim operasional inti kawasan, termasuk tim The Golo Mori, GMCC, personel keamanan, dan petugas kebersihan.
Materi pelatihan difokuskan pada teknik dasar pemadaman api, penggunaan alat pemadam kebakaran, prosedur evakuasi saat bencana, dan simulasi respons cepat dalam situasi darurat.
Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dan bagian dari strategi manajemen risiko kawasan yang mengedepankan budaya siaga bencana serta keamanan pengunjung dan seluruh elemen kawasan.
Dengan mengintegrasikan aspek keberlanjutan, keamanan, dan profesionalisme dalam pengelolaan kawasan, ITDC menargetkan The Golo Mori menjadi destinasi unggulan yang aman, asri, dan berdaya saing tinggi di kawasan Indonesia Timur. “Ke depannya, ITDC akan terus mendorong kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan setiap elemen kawasan dibangun dan dikelola secara bertanggung jawab, inklusif, serta mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan pengembangan pariwisata nasional,” tutup Aji dalam keterangan resmi belum lama ini. (Gabriel Bobby)