PATADaily.id - BSD - Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) berkolaborasi dengan GAPMMI berperan aktif dalam program Indonesia Spice Up The World di Trade Expo Indonesia.
Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya kepada PATADaily.id disela-sela Trade Expo Indonesia 2024 di ICE BSD City, Jumat (11/10/2024).
Susanty menjelaskan bahwa ASENSI pastinya mendukung program nasional pemerintah Indonesia Spice Up The World melalui anggotonya yang di mana lebih dari 60% adalah di bidang kuliner yang terdiri dari para pengusaha restoran, cafe, bumbu, rempah.
Dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 ini ASENSI mengikutsertakan para anggota merek-merek lokal seperti Ohayo Drawing, dan merek resto lokal Ayam Gepuk Pak Gembus, Bakmi Naga Resto, Batavia Cafe, Saung Sabin dan beberapa merek UMKM bumbu dan rempah lokal dari Babel merek Billiton, Rendang, Bird Nest dan lainnya.
Indonesia Spice Up The World adalah sebuah program gerakan nasional yang sedang diusung pemerintah untuk tujuan meningkatkan nilai ekonomi di pariwisata, perdagangan dan investasi melalui industri kuliner.
Program Gerakan nasional yang saat ini dikordinasikan oleh Kementerian Kordinasi Maritim dan Investasi sudah digodok sejak masa pandemi Juni 2020 silam dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari unsur pentahelix (Akademisi, Bisnis, Komunitas, Asosiasi, Pemerintah dan Media).
Menurut Susanty, Indonesia Spice Up The World merupakan strategi pemasaran kuliner melalui pengembangan lisensi merek resto dan produk bumbu Indonesia yang tepat untuk percepatan pelestarian, penyebaran luasan dan pengembangan dan promosi Kuliner Indonesia ke mancanegara. Dalam hal ini lisensi merek dan produk kuliner lokal dapat go Global.
"Sekaligus dengan demikian pastinya akan menggerakan Industri kuliner itu sendiri dari hulu hingga hilir. Dalam hal ini nilai ekspor bumbu dan rempahpun akan meningkat lagi," tambahnya.
"Saya berharap resto lokal Indonesia akan dapat ditemui dan mendapatlan respons positif di berbagai negara melalui jalur licensing yakni melalui jalur licensing (lisensi merek dan atau produk) dengan adanya program ISUTW ini. Dan ASENSI sangat mendukung agar hal ini bisa terjadi merek lokal dapat Go Global sesuai dengan misi kami di ASENSI yang bersamaan dengan misi Indonesia Spice.Up the World itu sendiri," ucapnya
Indonesia Spice Up The World (ISUTW) merupakan program kolaboratif antar lembaga yang melibatkan kementerian dan aasosiasi dalam hal ini ASENSI dam GAPMMI untuk mempromosikan kuliner Indonesia guna mencapai nilai ekspor sebesar 2 miliar dolar AS. Selain itu juga mengembangkan sebanyak 4.000 restoran di mancanegara.
Diharapkan melalui ISUTW ini, masyarakat dunia bisa mencoba dan mengetahui serta menikmati cita rasa kuliner Nusantara yang khas sehingga kemudian mereka pun tertarik untuk membuka di luar neger, salah satunya melalui jalur licensing.
Tak hanya itu, lanjutnya, ASENSI di Trade Expo Indonesia 2024 juga memperlihatkan kepada masyarakat berbagai produk dari para anggota.
Di akhir kata, Susanty mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenkomarvest dalam mematangkan program ISUTW ini dan terima kasih kepada kemendag atas dukungan yang diberikan di pameran TEI 2024 ini.
Adapun harapan Ketua Umum ASENSI, Susanty agar indonesia Spoce Uo The World ini bisa nyata tentunya kami kiranya bisa mendapatkan dukungan yang lebih dari pemerintah, salah satunya adalah kemudahan perizinan dan informasi lengkap untuk membuka di negara tujuan, dan dukungan pemerintah yang lebih dalam aktivasi dan keikutsertaan melalui pameran-pameran licensing dan kuliner yang diadakan di dalam dan luar negeri agar produk bumbu rempah UMKM, kuliner dan merek resto lokal semakin dikenal dan dapat Go Global. "Hal ini pastinya akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional," terangnya. (Gabriel Bobby)