DESTINATIONS

VITO Perancis Promosi Pariwisata Indonesia di Paris

VITO Perancis promosi pariwisata Indonesia (Ist)

La Semaine d’Indonésie (Indonesian Week) tampil selama lima hari, yakni mulai 16 hingga 20 September 2019  di EMBARQUEMENT IMMEDIAT di Radio France Bleu yang merupakan kerja sama antara VITO Perancis dan  radio France Bleu. Adapun acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan promosi Village Internationale de la Gastronomie (VIG) dimana  Indonesia sudah menjadi mitra sejak 2017 silam, dan pada 2018 lalu, Indonesia menjadi partner country dan tahun 2020 mendatang, Indonesia akan menjadi Honour Country di Village International de la Gastronomie 2020. Siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu menulis, selama  1:30 jam, Indonesia diperkenalkan secara lengkap melalui keindahan alamnya, budaya, kuliner dan tradisi dari Sumatera hingga Papu. Dan setiap hari ada kuis dengan beberapa pertanyaan tentang Indonesia, pemenang yang bisa menjawab pertanyaan paling banyak akan memenangkan paket tur ke Indonesia selama 10 hari ke Bali dan Raja Ampat termasuk tiket pesawat yang disediakan oleh VITO bekerja sama dengan partner pariwisata Indonesia di Perancis, yakni Garuda Holiday France dan Eva Air. Dan beberapa partner diundang untuk berbicara tentang Indonesia, dan setiap hari ada narasumber yang berbeda untuk berbicara tentang budaya, kuliner, dan pariwisata Indonesia. Sebagai tamu kehormatan yang membuka Indonesian Week Radio France Bleu tanggal 16 September adalah Duta Besar KBRI Paris Arrmanatha C Nasir yang berbicara tentang keindahan alam  Indonesia, keragaman kebudayaan Indonesua yang mempunyai 1300 etnis dan 750 bahasa berbeda,  dan tidak lupa juga dengan  kuliner Indonesia dimana nasi goreng menjadi makanan favorit. Tanggal 17 September, VITO kembali berbicara tentang keindahan alam di Indonesia selain Bali yang  bisa dikunjungi, ditemani Stephanie Dambron dari restoran Djawa yang datang ke studio Radio France Bleu membawa rendang dan sate ayam untuk memperkenalkan kuliner Indonesia dengan gaya streetfood  yang sesuai dengan lidah orang Perancis. Tanggal 18 September, VITO ditemani oleh Mme Caroline DUBOIS (fotografer yang merealisasikan “Borobudur under the full moon”) yang karyanya saat ini dipamerkan di Musée Guimet Paris. Caroline bercerita tentang Candi Borobudur dan apa yang membuat mereka tertarik membuat project mereka di Borobudur. Dari sisi gastronomi, Anita Sobrom dari Restoran Indonesia yang membawa nasi goreng, sate dan rendang untuk berbicara tentang bagaimana restoran Indonesia pertama di Perancis ini mempromosikan Indonesia sebelum adanya tourism office melalui masakan Indonesia. Dan terutama memperkenalkan rendang sebagai makanan terlezat di dunia dipilih oleh CNN tahun 2017 dan 2018. Tanggal 19 September, VITO ditemani Restoran Borneo yang datang dengan membawa nasi kuning, dan VITO berbicara tentang budaya Papua (koteka), karena doorprize untuk kegiatan Radio France Bleu adalah paket perjalanan ke Raja Ampat, Papua. Tanggal 20 September, VITO Perancis hadir bersama sponsor utama hadiah doorprize yaitu EVA Air yang memberikan 2 tiket PP dan Garuda Indonesia Holiday France yang menyediakan paket perjalanan ke Bali dan Raja Ampat berbicara tentang Indonesia tidak hanya Bali namun juga banyak tempat indah lainnya yang salah satunya adalah Raja Ampat. Acara talkshow ini ditemani dengan hidangan pencuci mulut berupa dadar gulung dan wingko babat, kita berbicara tentang Indonesian dessert. (Gabriel Bobby)  

Artikel Lainnya