TRAVEL

Brand Lokal Naik Daun dalam Pariwisata Indonesia

post-img

PATADaily.id - ITTA Foundation kembali menghadirkan Indonesia Travel and Tourism Awards 2022/23, sebuah ajang tahunan pemberian penghargaan kepada industri pariwisata di Indonesia, dikenal luas sebagai “The Oscar of Indonesia Tourism Industry”.

Indonesia Leading Sport Tourism Resort : Tanjung Lesung Beach Hotel & Resort (Ist)

Setelah melalui proses nominasi sejak September lalu, ITTA yang ke-13 memberikan penghargaan kepada 47 instansi, top hospitality Leader dan penghargaan kategori spesial.

Metode pemilihan pemenang cukup diapresiasi oleh industri sejak ITTA Foundation berdiri dengan langkah dimulai dengan screening awal kemudian diikuti dengan voting online, dilanjutkan dengan penilaian Independent Board of Advisor dan verifikasi akhir oleh Binus Business School sebagai research partner.

Antusiasme sudah terlihat dari berpartisipasinya 55,464 voters facebook dari 17 negara.

Adapun 5 besar negara voters terbesar adalah Indonesia, Australia, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Antusias masyarakat yang tinggi ini diikuti dengan penilaian independen 12 Dewan Penasehat/BOA dan hasilnya divalidasi research partner Binus Business School.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Yayasan ITTA dan TEPANAS yang terus menyebarkan optimisme pariwisata Indonesia.

Sandiaga Uno dalam pidato dan paparan dengan tajuk “Visi Emas Indonesia 2045” menyebut bahwa Indonesia telah menjadi spotlight dunia dengan keberhasilan pelaksanaan G20 dan perayaan puncak World Tourism Day.

“Saya mengajak para pimpinan perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwista untuk bergandengan dengan pemerintah mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 sebanyak 7,4 juta orang,” tambah Menparekraf Sandi Uno dalam keterangan resmi pada akhir pekan ini.

Sementara target kunjungan wisman 2023 akan ditingkatkan lagi menjadi 7,5 juta orang dan 1.200 miliar perjalanan domestik.

Dewi Tamara, Head of Program MM International Binus Business School menyatakan kebanggaannya menjadi bagian dari penghargaan ITTA selama 13 tahun.

“Kami sangat menghargai kerja sama yang telah terjalin dan menjadi bagian dari upaya terus meningkatkan SDM pariwisata Indonesia," urai Dewi.

Pemilihan yang mengusung tagline Awarding The Best, Inspiring The Rest yang digunakan oleh ITTA Foundation diharapkan terus menjadi ajang saling menginspirasi dan dari akademisi akan terus ikut mendukung usaha program Kemenparekraf dalam mensinergikan ekosistem pariwisata.

Sedangkan Panca R Sarungu, President ITTA Foundation menyampaikan, “Ada beberapa kategori baru yang mendapatkan penghargaan dan tahun ini kenaikan brand lokal penerima penghargaan naik 64%”.

Lanjut Panca, “Kami juga memberikan Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Prof Dr H Sapta Nrwandar SE yang hingga kini terus mendedikasikan waktu dan pemikiran pariwisata dan Indonesia Man of The Match in Tourism 2022 yang diberikan atas apresiasi tertinggi dari ITTA Foundation kepada Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno atas berbagai kebijakan dan usaha dan strategi yang memiliki dampak pada kebangkitan pariwisata indonesia Indonesia.

Pada kesempatan malam anugerah ITTA Awards Menteri Sandiaga juga meluncurkan aplikasi TEPANAS (Teman Parekraf Nasional) yang mendukung berbagai program Kemenparekraf yang berkolaborasi dengan berbagai stake holder pariwisata.

“Fitur utama aplikas adalah Informasi dan pemesanan paket mengunjungi event Kharisma event Nusantara UMKM, National discount card mendukung program BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia saja, Pejualan paket-paket desa wisata dan dukungan rantai pasok Industri Pariwisata dengan UMKM. “

Fitur yang terakhir ini membantu tamu hotel dengan mudah dapat men-scan bar code di kamar hotel dan terhubung dengan UMKM pembelian cindera mata dan oleh-oleh khas setempat dengan mudah” lanjut Panca yang juga selaku Chief Community Officer TEPANAS. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya