TRAVEL

TMII Hadirkan Pesta Rakyat Nusantara HUT ke-50

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) resmi memasuki usia ke-50 tahun pada 20 April 2025. Dalam momentum emas ini, TMII, yang merupakan cucu perusahaan Holding BUMN Sektor Aviasi dan Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, menyelenggarakan rangkaian perayaan bertajuk “Pesta Rakyat Nusantara”. Kegiatan ini akan digelar selama 10 hari penuh, dari 18 hingga 27 April 2025 mendatang yang menargetkan kehadiran lebih dari 200.000 pengunjung, dan menjadi simbol transformasi TMII menuju destinasi budaya yang inklusif, dinamis, dan inovatif.

Sejak pertama kali diresmikan pada 1975 silam, TMII telah mengalami perjalanan panjang, dan kini hadir dengan #WajahBaru, mencerminkan komitmen kuat untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan pendekatan yang segar dan relevan, TMII tak hanya menjadi taman rekreasi, tetapi juga rumah budaya yang menyatukan seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Corporate Secretary Group Head InJourney, Yudhistira Setiawan, mengungkapkan, “Sejak peresmian #WajahBaruTMII pada 1 September 2023, TMII ini benar-benar menampilkan perubahan yang sangat signifikan dengan berbagai inovasi baik dari sisi atraksi, edukasi, dan bahkan lingkungan, sangat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan dalam berwisata di Jakarta dan tentunya dalam mengenal budaya bangsa Indonesia secara lebih inklusif”.
 
Ia menambahkan bahwa hadirnya TMII diharapkan dapat memberikan kontribusi positif khususnya untuk komunitas seni dan budaya, UMKM lokal, dan menjadi sarana edukasi serta oase bagi masyarakat sekitar. "Hal ini juga sejalan dengan peranan InJourney sebagai Holding BUMN di sektor aviasi dan pariwisata sebagai agent of development yang senantiasa berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat," terangnya di TMII, Kamis (10/4/2025).
 
Di sisi lain, Direktur Utama InJourney Destination Management, Febrina Intan, menambahkan, “Transformasi TMII yang dilakukan pada tahun 2022 - 2023 yang tidak hanya berpengaruh pada perubahan infrastruktur namun juga nilai-nilai di pengelolaannya menjadi Smart, Green, Inclusive, dan Culture. Dengan re-branding yang telah dilakukan, diharapkan TMII tidak hanya menjadi showcase, tetapi juga getaway of Indonesian destination dan top of mind masyarakat yang ingin mengenal Indonesia lebih dalam lagi”.

Sementara Direktur Utama TMII, Intan Ayu Kartika, menyampaikan, “Lima dekade perjalanan ini adalah dedikasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Di usia emas ini, kami ingin menegaskan bahwa TMII bukan sekadar masa lalu, tetapi juga bagian penting dari cerita baru Indonesia ke depan.”

Rangkaian kegiatan HUT ke-50 TMII “Pesta Rakyat Nusantara” ini mengusung semangat gotong royong dan kebhinekaan, melalui berbagai kegiatan utama yang menggambarkan keberagaman budaya sekaligus kepedulian sosial, antara lain: 

1.    Berbagi Bersama Anak Yatim dan Disabilitas
TMII berkomitmen untuk terus mendukung dan berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, terutama bagi yang membutuhkan dalam hal edukasi dan juga kesempatan dalam bekerja dan berkarya. Program tersebut antara lain gratis tiket masuk orang untuk penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus, gratis 500 Tiket Masuk untuk Anak Panti Asuhan dan yatim piatu dari wilayah penyangga TMII, GRATIS tiket masuk orang bagi pemegang KJP Plus, kolaborasi aktivasi dengan Persatuan Orang Tua Anak Down Syndrome (POTADS).

2.    Diskon Tiket Masuk 50% pada 19–20 April 2025
Untuk mengajak lebih banyak masyarakat merayakan momen ini, TMII memberikan potongan harga tiket masuk orang sebesar 50% selama dua hari utama ulang tahun. 

3.    50 Atraksi Budaya Nusantara 
Lebih dari 50 pertunjukan seni dan budaya akan disajikan di berbagai anjungan daerah, menampilkan ragam tarian, musik, ritual adat, dan busana tradisional dari seluruh penjuru Indonesia, diantaranya pertunjukan Wayang Orang Baratha dan Rampak Kecak Indonesia, serta  Pertunjukan Wayang Semalam Suntuk. 

4.    Kirab Gunungan Keberkahan
Sebuah kirab budaya kolosal yang mengusung simbol “gunungan” sebagai lambang kemakmuran dan harapan baik, akan melibatkan ratusan peserta dari komunitas adat dan seni, yang akan menampilkan 5 Gunungan Keberkahan, 50 Mangku Jero & Prajutit Keraton, 50 Pakaian Adat Nusantara, Abang None, Ondel-Ondel, Gambang Kromong, dan Tanjidor.

5.    Pasar Kuliner dari Sabang sampai Merauke
Pengunjung dapat mencicipi aneka hidangan khas dari seluruh provinsi di Pasar Nusantara.

6.    Wastra Berlari
Sebuah kegiatan lari budaya (fun run) yang mengajak peserta mengenakan wastra Nusantara seperti batik, tenun, dan songket, sebagai simbol pelestarian budaya dalam gaya hidup modern.

Dalam rangkaian peringatan ulang tahun emas ini, juga akan ada Pradana Nitya Budaya TMII Award, yaitu penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kebudayaan RI untuk Anjungan Daerah terbaik di TMII. Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas kontribusi dan perannya dalam mengembangkan Anjungan Daerah sebagai wujud pelestarian budaya.

Salah satu dewan juri, Gilang Ramadhan, menyatakan, “Tidak ada tempat lain yang bisa menampilkan elemen-elemen kekayaan Indonesia yang segitu banyaknya selain di TMII. Anjungan ini salah satu icon dari TMII dan kita harus mempertahankan ini, karena ini adalah gengsi yang memperlihatkan kehebatan Indonesia. Saya rasa dengan acara ulang tahun TMII ke-50 ini dapat mengajak masyarakat dan anak-anak lebih banyak lagi ke TMII untuk mengenal lebih baik lagi kekayaan Indonesia”.

Bertepatan dengan momen ini, TMII berkolaborasi dengan Sarinah menghadirkan Pasar Nusantara yang menyuguhkan ragam kuliner khas daerah dari seluruh Indonesia serta sebagai wadah bagi pengembangan UMKM lokal.

Direktur Komersial Sarinah, Selfie Dewiyanti mengungkapkan, “Kami berkolaborasi dengan TMII untuk menghadirkan Pasar Nusantara sebagai wadah untuk pengembangan UMKM lokal dan juga sentra kuliner masakan daerah khas nusantara.

"Sebanyak 36 UMKM, baik dari anjungan daerah TMII maupun pelaku F&B lokal, menjadi tenant di Pasar Nusantara. Hal ini juga kami hadirkan sebagai bentuk sinergi di ekosistem pariwisata untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan nusantara melalui kuliner," ujarnya.

Selain itu, terdapat juga Jelajah Swara TMII bekerja sama dengan Noice. "Jelajah Swara" adalah pengalaman budaya dan edukasi imersif yang mempertemukan kekayaan warisan Indonesia dengan teknologi modern.

Melalui panduan audio dari Noice dan karakter ceria Nitra, pengunjung diajak menjelajahi landmark ikonik TMII sambil mendalami cerita tradisional yang menyenangkan dan penuh makna. Dengan pendekatan yang interaktif, proyek ini tidak hanya memperkenalkan budaya, tetapi juga menghubungkan audiens dengan cara yang lebih personal dan engaging. Panduan audio ini tersedia di 3 tempat: Museum Indonesia, Kereta Gantung, dan Anjungan Jawa Tengah.

“Pesta Rakyat Nusantara” bukan sekadar perayaan ulang tahun, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat persatuan, dan mengenang sekaligus menatap masa depan. Semua pencapaian dan transformasi TMII selama 50 tahun terakhir adalah persembahan untuk masyarakat Indonesia, untuk cerita baru Indonesia. Acara ini turut didukung oleh Bank Raya selaku sponsor utama serta Bank DKI, Aqua, Bank Jateng, Tempo Scan, Bank Indonesia, dan Smartfren.

Acara ini terbuka untuk umum dan untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi TMII www.tamanmini.com atau media sosial @tmiiofficial. (Gabriel Bobby)

*

Artikel Lainnya