PATADaily.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendampingi Presiden Joko Widodo membuka "The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022" yang merupakan acara pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara.
Kehadiran kembali INACRAFT tahun ini akan menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif, khususnya subsektor kriya, untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk ekraf terbaik sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja.
Kemenparekraf menghadirkan Paviliun Kemenparekraf yang memfasilitasi 16 jenama terpilih untuk melakukan promosi dan penjualan produk.
"Pameran produk kreatif ini merupakan salah satu langkah strategis dalam menggerakkan kembali sektor ekonomi kreatif Tanah Air. Produk-produk ekonomi kreatif lokal memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk impor. Ini menjadi upaya kita bersama untuk memulihkan ekonomi, khususnya melalui UMKM ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno, Rabu (23/3/2022) di JCC Senayan, Jakarta.
INACRAFT 2022 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 23 hingga 27 Maret mendatang.
Setelah dua tahun pameran offline absen akibat pandemi COVID-19, Inacraft tahun 2021!hadir secara online, sementara INACRAFT tahun ini diselenggarakan secara hybrid dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.
Pameran kerajinan nasional berskala internasional ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas dan 43 peserta binaan BUMN, serta 150 merchant stores untuk masing-masing kegiatan daring. INACRAFT 2022 juga akan menghadirkan Pameran Virtual INACRAFT, INACRAFT Marketplace, dan INACRAFT x Tokopedia.
Berdasarkan data Focus Economy Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sepanjang tahun 2020.
Kemenparekraf akan terus berupaya membangkitkan pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi kreatif.
Termasuk mendukung ekosistem yang baik bagi pelaku ekonomi kreatif. Ia pun mendorong masyarakat untuk mencintai dan mengapresiasi dengan membeli produk-produk ekonomi kreatif lokal.
"Ekonomi kreatif adalah industri masa depan yang berperan besar dalam membangun ekonomi nasional. Mereka (pelaku ekonomi kreatif) adalah pencipta lapangan kerja dan pembuka kepulihan ekonomi masyarakat. Jadi saya sangat support," kata Sandiaga dalam siaran pers yang diterima patadaily.id.
Presiden Joko Widodo sebelumnya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kembali INACRAFT tahun 2022. Ia berpesan kepada masyarakat agar selalu mencintai produk-produk dalam negeri.
"Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan, ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita," ujar Jokowi.
Paviliun Kemenparekraf
Sebagai upaya mendorong pelaku ekonomi kreatif dalam kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, Kemenparekraf/Baparekraf memfasilitasi 16 jenama lokal untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk terbaiknya dalam Paviliun Kemenparekraf di INACRAFT 2022.
Adapun Paviliun Kemenparekraf berada di Booth H (Main Lobby JCC) dan memiliki luas 72 m.
Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti, mengungkapkan, ke-16 jenama tersebut ditetapkan melalui hasil kurasi secara bertahap dengan memperhatikan berbagai aspek.
Mulai dari kesiapan produk masuk pasar, sumber daya manusia, potensi transaksi dan lainnya.
Penentuan jenama yang difasilitasi melalui dua tahapan yaitu seleksi administrasi dan kurasi. Sebanyak 112 pendaftar terseleksi menjadi 66 peserta untuk mengikuti proses kurasi.
Dan kurasi dilaksanakan secara hybrid, oleh dua kurator yang merupakan pakar di bidang kriya dan desain produk yaitu Diana Nazir (Principal Designer Artura Insanindo) dan Fauzy Kamal (Founder Kandura Studio).
Proses kurasi ini meloloskan 16 jenama yang beragam dan dianggap mampu menjadi representatif Kemenparekraf pada ajang INACRAFT 2022.
"Kita memfasilitasi 16 jenama di booth kemenparekraf untuk ikut pameran di sini. Ini semua kita sediakan secara cuma-cuma untuk mereka," kata Yuana.
Ke-16 jenama tersebut yakni WH Bali; JAMF; KAIND, Kunang Jewelry; Wang Sinawang; Sudana Silver; Lamops; Dinnaro; Mebelle; Vaya; Bikin Kibin; Ayumu Gendout's; Rubycraft; Bertjorak; Hwan Eco-Ethnic; serta Virageawie Indonesia.
Dukungan fasilitasi ini diharapkan menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu bagi para pelaku ekonomi kreatif.
INACRAFT 2022 menargetkan 50.000 pengunjung (offline) dan 10.000 pengunjung (online) dengan target transaksi sebesar Rp50 miliar untuk pameran utama dan Rp150 juta untuk pameran virtual dan INACRAFT marketplace. Sementara untuk kegiatan INACRAFT x Tokopedia menargetkan transaksi sebesar Rp1,5 miliar dengan 1 juta pengunjung. (Gabriel Bobby)