Destination

Kementerian Ekraf-Volkswagen Indonesia Kolaborasi Buka Pasar Global bagi 500+ Kreator Lokal

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf) menjalin kemitraan strategis dengan Volkswagen Indonesia untuk membuka peluang bagi 500+ kreator lokal menembus pasar global melalui kampanye ID.BUZZ. Kolaborasi yang mencakup kompetisi desain, seni mural, dan pengembangan konten digital ini berpotensi meningkatkan nilai ekspor produk kreatif Indonesia sebesar 20 persen di sektor otomotif.

Kolaborasi ini terungkap saat Wakil Menteri (Wamen) Ekraf menerima audiensi PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen Indonesia, di Autograph Tower Jakarta, Indonesia, Kamis, 3 Juli 2025. Pertemuan ini menjadi bagian dari upaya memperluas ruang ekspresi bagi pegiat ekonomi kreatif Indonesia, sekaligus menjembatani karya anak bangsa agar terlibat langsung dalam kampanye internasional produk otomotif dunia.

“Saya melihat potensi besar dari sinergi ini, di mana kreativitas anak muda Indonesia bisa tampil di panggung internasional. Pemerintah siap menjadi corong dan fasilitator bagi talenta lokal agar karyanya tidak hanya mendapat tempat di negeri sendiri, tetapi juga bisa bersaing secara global,” ujar Wamen Ekraf.

Langkah ini juga sejalan dengan strategi pemerintah dalam mendorong ekspor produk ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual lokal. Keterlibatan pelaku industri besar seperti Volkswagen membuka peluang kolaborasi lintas sektor yang berorientasi pada pasar global.

Kolaborasi ini akan memulai debutnya lewat live painting karya seniman lokal di Jogja Volkswagen Festival pada 10 hingga 13 Juli mendatang, sekaligus peluncuran Kompetisi Desain ID. BUZZ untuk pegiat ekraf binaan Kemenekraf. Karya terpilih akan diwujudkan dalam bentuk stiker dari MAXDECAL yang membalut kendaraan listrik ID. BUZZ.

Puncak kolaborasi ini akan ditampilkan di ajang GIIAS 2025, dimulai dengan pengumuman resmi kerja sama pada 23 Juli (Press Day). Selama pameran (23–31 Juli), akan digelar sesi live painting yang ditutup dengan reveal event pada 1 Agustus. Pemenang utama kompetisi dijadwalkan diumumkan dalam 2–3 bulan setelahnya.

Sementara Chief Operations Officer PT Garuda Mataram Motor, Ahmad Badawi, menyambut positif semangat kolaborasi ini.

“Dari awal kami ingin menggabungkan semangat kreatif anak muda Indonesia dengan karakter unik ID. BUZZ. Salah satu ide yang kami bawa adalah lomba desain untuk pelukisan mobil, juga kemungkinan kolaborasi merchandise dengan IP lokal. Kami sangat tertarik dengan semangat yang dibawa Ibu Irene dan berharap kolaborasi ini bisa terus berkembang ke depan,” ujar Ahmad Badawi.

Kampanye New Buzz in Life yang diusung Volkswagen secara global kini dikembangkan dengan pendekatan lokal melalui jalur seni, film pendek, desain produk, hingga game interaktif dalam kendaraan.

Kementerian Ekraf nantinya akan mendukung open call untuk mural artist dengan tema “New Buzz in Life”, menjajaki kolaborasi IP lokal untuk kebutuhan stiker, merchandise, dan konten digital, serta menghubungkan dengan ruang-ruang strategis seperti bandara, stasiun, hingga kampus. Selain itu, kompetisi ini juga membuka peluang kerja sama dengan asosiasi desain dan kurasi gim lokal untuk menciptakan pengalaman bermain di dalam kendaraan ID. BUZZ.
Audiensi ini menjadi awalan dari kolaborasi lintas sektor yang lebih luas. Kementerian Ekraf berkomitmen terus membuka jalan bagi karya lokal agar tak hanya menjadi pelengkap visual semata, tetapi benar-benar menjadi bagian strategis dari wajah industri global.

Dalam audiensi ini, Wamen Ekraf didampingi oleh Direktur Gim Kemenekraf, Luat S P Sianturi. Sementara dari pihak Volkswagen Indonesia, hadir Head of Brand Jajat Sudrajat, Head of Marketing Rony Syarif, dan Head of Public Relations Aily G. Hasian. (Gabriel Bobby)

 

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side