PATADaily.id - Jakarta - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di kereta api, KAI Services kembali membuka lowongan untuk posisi Pramugara dan Pramugari sebanyak 1.100 orang. Rekrutmen ini bertujuan menambah jumlah kru layanan menjadi total 2.115 orang yang siap melayani penumpang dengan standar hospitality terbaik.
Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan,langkah ini merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan. “Sebagai penyedia layanan kuliner di atas kereta, kami ingin memastikan bahwa setiap perjalanan pelanggan semakin berkesan dengan adanya kru profesional yang terlatih dan siap memberikan pelayanan sepenuh hati,” ujar Firhan dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (28/3/2025).
Adapun proses rekrutmen akan dilaksanakan dengan sistem walk-in interview di tiga kota, yakni Semarang, Yogyakarta, dan Bandung pada 7-15 April 2025. KAI Services memastikan seleksi dilakukan secara transparan dan bebas dari pungutan.
Persyaratan Umum:
Warga Negara Indonesia (WNI);
Belum menikah;
Berpenampilan menarik;
Tinggi badan minimal 170 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan nilai BMI ideal;
Usia maksimal 27 tahun;
Nilai Ujian Akhir Nasional minimal 6,0 (bagi lulusan SLTA);
IPK minimal 2.75 dengan akreditasi B untuk lulusan perguruan tinggi;
Memiliki pengalaman kerja di bidang F&B, Hospitality, Beauty Advisor, atau Marketing;
Tidak bertato dan tidak bertindik.
Dokumen yang Perlu Dipersiapkan:
Surat lamaran;
Curriculum Vitae (CV);
Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga;
Tak hanya itu juga calon pramugara dan pramugari juga harus menyiapan fotokopi NPWP; fotokopi kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan (opsional); fotokopi ijazah sekolah terakhir; transkrip nilai Ujian Nasional (bagi lulusan SLTA) atau Indeks Prestasi Kumulatif (bagi lulusan perguruan tinggi);
Masih ada sejumlah yang harus juga ikut dilengkapi, yakni
Sertifikat akreditasi kelulusan (bagi lulusan diploma ke atas);
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (minimal dari Polres);
Surat Keterangan Pemeriksaan Kesehatan dari klinik Mediska KAI;
Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari klinik Mediska KAI;
Hasil pemeriksaan narkoba dari klinik Mediska KAI.
Sementara Manager HC Planning and Development KAI Services, Yan Wahid Prasetyo, KAI Services mengingatkan seluruh calon pelamar untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.
“Kami tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan atau pihak mana pun yang menjanjikan kelulusan dengan imbalan tertentu. Jika menemukan indikasi penipuan, segera laporkan kepada pihak berwenang,” tegas Yan Wahid.
Proses seleksi akan dilakukan secara ketat dengan sistem gugur. Para pelamar yang memenuhi syarat akan melalui pemeriksaan tinggi dan berat badan, verifikasi dokumen, dua tahap wawancara, serta seleksi pemantauan akhir.
Kandidat yang lolos seleksi akhir akan langsung mengikuti pelatihan intensif sebagai Pramugara dan Pramugari Kereta Api. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, masyarakat dapat mengunjungi media sosial rekrutmen KAI Services @rmu.career.
Dengan bertambahnya jumlah kru layanan, KAI Services berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pelanggan setia kereta api. (Gabriel Bobby)