PATADaily.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menganugerahkan Co-Branding Awards 2021 terhadap sejumlah jenama yang menjadi mitra co-branding "Wonderful Indonesia" guna memperkuat brand "Wonderful Indonesia" dalam meningkatkan promosi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno pada malam penganugerahan Co-Branding Awards 2021 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Senin (6/12/2021), mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk nyata dari kemitraan yang terjalin antara Kemenparekraf dan jenama-jenama terkemuka di Indonesia dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.
"Kita perlu bermitra, bergandengan tangan, dan gotong royong," kata Sandiaga.
Sandiaga mengatakan, kolaborasi yang terjalin dengan 52 jenama ternama di Indonesia diharapkan dapat menggerakkan kembali perekonomian nasional dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan brand "Wonderful Indonesia" di seluruh sektor kehidupan masyarakat, termasuk di platform-platform digital.
"Berarti kita harus banyak (hadir) di digital platform. Kita harus pastikan bahwa layar yang mengikuti kita itu 'Wonderful Indonesia' juga ikut hadir," katanya.
Selain itu, Sandiaga juga berharap brand "Wonderful Indonesia" dapat hadir di produk-produk Fast Moving Consumer Good (FMCG) yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.
"Ini merupakan peluang untuk kita ked epannya dan saya yakin semakin banyak brand 'Wonderful Indonesia' bekerja sama dengan brand bapak/ibu sekalian maka bangsa Indonesia akan merasakan dampak secara signifikan. Terutama dalam rangka kebangkitan ekonomi nasional," ungkap Sandiaga dalam siaran pers yang diterima patadaily.id.
Mengenai brand "Wonderful Indonesia" sendiri, Sandiaga menyebutkan, berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), Indonesia berada di peringkat 40 dari 140 negara. Mengungguli negara-negara sahabat di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Vietnam.
"Ini menunjukkan brand strategy pariwisata kita bekerja secara optimal. Namun saya tidak puas, menurut saya kita harus tingkatkan (brand) Wonderful Indonesia untuk memiliki equity yang lebih kuat," ungkapnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, menjelaskan, ada empat kategori penilaian yang menjadi patokan dari ke-52 jenama dalam penghargaan ini. Keempatnya adalah The Most Participative Brand, Most Creative Brand, Most Collaborative Brand serta The Best Associate Brand Exposure.
"Kerja sama Co-Branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan korporasi memiliki tiga tujuan utama, yaitu peningkatan brand equity Wonderful Indonesia sebagai identitas pariwisata Indonesia, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta adanya sharing resources dari setiap pihak yang terlibat," kata Nia.
Turut hadir dalam acara tersebut, Sesmenparekraf/Sestama Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani; dan Staf Ahli Menparekraf Bidang Pengembangan Usaha, Dadang Rizki Ratman.
Berikut jenama-jenama yang mendapat penghargaan dalam Co-Branding Awards 2021:
The most participative brand:
-Sea Safari Cruise (Bronze)
-BRI (Silver)
-Grab (gold)
Most creative brand:
-Nutrifood (bronze)
-BRI (Silver)
-Element bike (gold)
Most collaborative brand:
-Tiket.com (Bronze)
-Sweet Escape (Silver)
-Element bike (Gold)
The best associate brand exposure:
-KAI Wisata (Bronze)
-BRI (Silver)
-Tiket.com (Gold) (Gabriel Bobby)