Destination

Hebat KAI Services Kurangi Hampir 6 Ton Sampah Plastik di Kereta Api

post-img

PATADaily.id - Jakarta - KAI Services terus menunjukkan komitmennya terhadap prinsip keberlanjutan. Sebagai bagian dari upaya menciptakan perjalanan kereta api yang lebih ramah lingkungan, KAI Services menghadirkan inovasi baru dalam layanan Kuliner Kereta dengan mengganti alat makan berbahan plastik sekali pakai menjadi alat makan berbahan kayu (wooden cutlery).

Sepanjang periode Januari hingga September 2025, sebanyak 1.949.125 pcs alat makan plastik telah digantikan dengan wooden cutlery. Melalui langkah ini, KAI Services berhasil mengurangi sekitar 5.847 kilogram atau hampir 6 ton sampah plastik dari perjalanan kereta api di seluruh Indonesia.

Direktur Utama KAI Services, Ririn Widi Astutik, mengatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari transformasi layanan yang berorientasi pada keberlanjutan.

“Kami percaya bahwa keberlanjutan tidak hanya berbicara soal bisnis, tetapi juga tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan. Penggunaan wooden cutlery merupakan langkah nyata kami dalam mendukung gerakan pengurangan plastik sekali pakai, sejalan dengan semangat KAI Group untuk menghadirkan perjalanan kereta api yang lebih hijau,” ujar Ririn dalam keterangan resmi, Senin (20/10/2025).

Penggunaan wooden cutlery juga memberikan manfaat yang luas, di antaranya Ramah lingkungan, karena terbuat dari bahan alami yang dapat terurai secara hayati, sehingga tidak menambah beban sampah plastik. Penguunaan wooden cutlery dapat mengurangi ketergantungan terhadap plastik sekali pakai, hal ini menjadi langkah kecil namun berarti dalam menjaga kelestarian sumber daya alam. Selain itu wooden cutlery juga higienis dan aman digunakan, diproduksi tanpa bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan pada plastik.

Sementara Manager Corporate Communication KAI Services, Nyoman Suardhita, menambahkan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan untuk mengedukasi pelanggan tentang pentingnya gaya hidup ramah lingkungan.

“Melalui program ini, kami ingin mengajak pelanggan untuk ikut serta dalam gerakan peduli lingkungan. Setiap alat makan kayu yang digunakan di atas kereta bukan hanya simbol inovasi, tetapi juga kontribusi kecil menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” jelas Nyoman.

Langkah ini menjadi bukti bahwa KAI Services terus berinovasi tidak hanya dalam aspek pelayanan, tetapi juga dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan, sejalan dengan visi pemerintah untuk mewujudkan ekonomi hijau dan berkelanjutan. (Gabriel Bobby)



Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side