TRAVEL

GastroDiplomasi Indonesia di Perancis

Dok VITO Perancis

PATADaily.id - "Kemampuan memenangkan hati dan pikiran publik internasional dengan memakai budaya di antaranya dengan kuliner atau yang dikenal sebagai gastrodiplomasi”. 
 
Bangsa mana yang tak bangga saat sajian khasnya dikenal di seluruh penjuru dunia? Perancis misalnya telah menjadikan gastronomi sebagai pondasi dalam berdiplomasi dan bahkan membuat suatu komite spesial untuk gastronomi dan menunjuk Ambasador khusus dengan tujuan mempromosikan gastronomi Perancis ke seluruh dunia.

Demikian pula untuk Indonesia tidak boleh kalah, yang merupakan negara dengan ragam budaya yang sangat kaya.

Mulai adat istiadat, bahasa daerah, makanan, hingga minuman. Makanan Indonesia terkenal dengan aneka olahan rempah-rempah dan beberapa sudah terkenal di dunia akan kelezatan rasanya. 

Maka tak mengherankan jika saat ini pemerintah dan masyarakat Indonesia sangat gencar mempromosikan kuliner Nusantara ke mancanegara.

Salah satu strategi dalam mempromosikan Indonesia oleh VITO di Perancis sejak awal adalah dengan memperkenalkan Indonesia melalui kuliner.

Begitu banyak promosi dan kegiatan yang sudah dilakukan baik itu dengan mengadakan festival gastronomi Indonesia di hotel bintang 5 di Paris, partisipasi di pameran/expo gastronomi international, sales missión yang selalu menampilkan dan memperkenalkan makanan-makanan Indonesia dan bahkan membawa TV Perancis ke Indonesia untuk shooting tentang pasar-pasar tradisional di Indonesia.

Dan setiap kegiatan membawa hasil yang konkret yaitu meningkatkan wisman Perancis ke Indonesia.

Dalam masa pandemi covid-19 ini, kegiatan promosi Indonesia di luar negeri harus berjalan terus karena sangat penting untuk membuat orang tidak lupa dengan Indonesia dan bahkan ingin berkunjung ke Indonesia.

Oleh karena itu VITO Perancis melakukan marketing project dengan inovasi dan kreativasi lewat promosi kuliner Indonesia bersama dengan TV Cuisines du Monde di Perancis. 

Februari lalu, VITO melakukan shooting demo masakan Indonesia bersama Master Chef Perancis Cyril Rouquet-Prévost untuk mempromosikan Indonesia dan gastronominya dengan menampilkan Nasi Goreng bersama Chef Budi Priyatno dari Restoran INDONESIA di Paris.

Selain itu juga memperkenalkan Jamu Indonesia yang diproduksi oleh ACARAKI. Acara Demo shooting ini akan ditayangkan lewat TV Internet pada 6 Mei pukul 19.30 waktu Perancis melalui link ini : https://www.pinterest.fr/pin/430023464429041783/?fbclid=IwAR2qPwoiNxRzHpsxpo5A2IhdAS7lz8otw82EKYt102Esm1V62kbm2edM9h8.

Siaran pers yang diterima patadaily.id belum lama ini, bekerja sama dengan restoran Indonesia yang sudah ada di Perancis dan menampilkan chef-chef Indonesia di Perancis adalah cara yang paling efisien saat ini untuk mempromosikan kuliner Indonesia. 

Karena ini juga akan membantu meningkatkan bisnis usaha diaspora Indonesia di luar negeri. 

Apalagi dengan adanya pandemi covid-19, akan sangat sulit mendatangkan chef-chef dari Indonesia.

Ini tantangan untuk diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri untuk lebih berinovasi dan berkarya di bidangnya masing-masing.

Kedepannya, VITO Perancis akan mempersiapkan event-event promosi dengan terobosan-terobosan yang unik.

Karena masih banyak lagi yang bisa dipromosikan dari Indonesia dengan membantu mempromosikan produk-produk Indonesia supaya nama Indonesia terdengar selalu di Perancis. (Gabriel Bobby)
 
 
  

Artikel Lainnya