TRAVEL

Promosi Kopi Nusantara di Paris

Istimewa

PATADaily.id - Bermula dari keinginan untuk mempromosikan kopi Indonesia dan semua produk Indonesia, ewEka Moncarre menggagas dan mendirikan La Maison De L’Indonésie (LMDI) atau House of Indonesia di Paris, Perancis.

“Ide untuk membuka La Maison De L’Indonésie sebenarnya sudah ada di benak saya sejak tahun 2015 dimana awalnya dirinya ingin memperkenalkan kopi Indonesia karena di Perancis tidak banyak cafe yang menyediakan kopi Indonesia bahkan mereka tidak tahu sama sekali kalau Indonesia penghasil kopi,” tutur Eka.

Pada awalnya Eka ingin membuat warung kopi Indonesia di Paris yang menyediakan 100% kopi-kopi Indonesia. Di tahun 2017 lalu, ia pun mengambil kursus kopi di Perancis untuk tahu tentang dunia kopi dari sejarah kopi hingga belajar meroasting dan menjadi barista. Kursus ini sangat membantu dirinya mengerti dunia perkopian dan untuk persiapan membuka warung kopi Indonesia di Paris.

Waktu berjalan cepat dan mimpinya untuk membuka warung kopi Indonesia belum bisa terwujud dan apalagi Eka juga sibuk bekerja membantu promosi Indonesia untuk Kemenparekraf sebagai perwakilan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) di Perancis.

Pada April 2020, waktu Indonesia mulai menutup border kali pertama untuk pariwisata, maka membuat Eka berpikir kalau krisis ini akan berjalan lama dan harus ada solusi bagaimana dirinya tetap bisa mempromosikan Indonesia.

Mimpinya untuk membuka warung kopi Indonesia mulai bangkit lagi. Ditambah bukan hanya kopi yang mau diperkenalkan tetapi juga rempah-rempah Indonesia dan produk Indonesia lainnya.

Mei 2020, Eka pun mulai membuat business plan from the scratch untuk persiapan dimana ia mulai dengan kolaborasi dengan temannya dari Brazil seorang expert kopi yang tinggal di Perancis, dimana semua seleksi dan kurasi kopi dan roasting dilakukan bersama. Setiap kopi ditest satu persatu.

“Kami mulai menerima sample-sample kopi bulan Juli 2020 dimana semua kopi yang kami ambil masih berupa green bean dan diroasting di Paris,” kata Eka dalam siaran pers yang diterima patadaily.id pada akhir pekan ini.

La Maison De L’Indonésie Berdiri

Pada 10 September 2020, LMDI  resmi dibentuk di Paris dengan nomor izin usaha  888 887 809 R C S Paris dengan status Societe SASU dan mempunyai izin lengkap untuk export/import (EORI) dan izin untuk membuka Café (HAPCCA) yang berdiri sebagai perusahaan independen.

Adapun nama dan logo La Maison De L’Indonésie pun sudah didaftarkan menjadi Hak Cipta (HKI) di badan hukum Perancis yaitu INPI (Institut National de la Propriété Intellectuelle).

Eka mengatakan visi LMDI adalah menjadi jendela Indonesia di Perancis, dan membawa Indonesia ke Perancis untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata, produk Indonesia dan budaya Indonesia. LMDI juga menjadi one stop shop solution untuk Perancis dan  dunia international karena Paris merupakan tempat wisata no 1 di dunia.

Misi LMDI ingin membawa produk-produk unggulan Indonesia ke Perancis (UMKM dan artisanal), dan berkolaborasi dengan provinsi-provinsi di Indonesia untuk membantu mempromosikan desa wisata, dan produk-produk daerah.

Eka mengaku tak mudah mendirikan LMDI. Dia bercerita waktu berbicara dengan orang-orang disekitarnya kalau dirinya akan mendirikan House of Indonesia, semua orang menganggap dirinya gila karena ingin membuka perusahaan dimana banyak perusahaan yang tutup di Paris.

Hanya koment negatif yang didapatkan, tetapi justru semua itu semakin memotivasinya untuk mendirikan LMDI / House Of Indonesia di Paris. Seperti ada pepatah mengatakan : When everything seems to be going against you, remember that the airplane takes off against the wind, not with it.

Proses pembentukan LMDI  berjalan dengan lancar karena Eka sudah punya perusahaan lain sebelumnya jadi izin keluar sangat cepat, hanya dalam waktu satu hari kerja. Setelah itu ia harus mengikuti training HACCP untuk syarat membuka cafe di Perancis. Dan sekarang LMDI sudah punya semua legalitas untuk memulai semua kegiatan. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya