TRAVEL

Promosi Indonesia di VIG

post-img

Istimewa

PATADaily.id - Sejak 2016 silam, Indonesia selalu aktif berpartisipasi di event Village International De La Gastronomie (VIG) yang diwakili oleh Eka Moncarre (founder La Maison De L’Indonesie), yang merupakan salah satu event terpenting dan terbesar di dunia diplomasi kuliner international di Perancis.

Event VIG didukung penuh oleh Presiden Perancis, Emanuel Macron dan juga di-support oleh Chef GUY SAVOIE, Chef Perancis terkenal berbintang 3 Michelin,  karena VIG adalah event yang berbeda dari yang lain dan bukan hanya sekadar bazaar yang menampilkan makanan khas dari setiap negara, tetapi juga promosi budaya, ekonomi, politik dan pariwisata lewat gastronomi. Ini yang disebut sebagai gastro diplomasi.  

"Tahun ini partisipasi Indonesia akan lebih spesial karena Indonesia bukan hanya hadir di VIG tapi juga tampil sebagai negara kehormatan (Honor Country) di VIG 2022," kata Eka dalam keterangan resmi belum lama ini.

Ini merupakan suatu pencapaian yang tidak gampang untuk dipilih menjadi Honor Country karena dengan konkret ini membuktikan kepercayaan yang tinggi dari pemerintah Perancis atas komitmen Indonesia dalam mempromosikan gastronomi dan produk-produk terbaik Indonesia di Perancis sampai sekarang. 

La Maison De L’Indonesie sebagai official partner dan koordinator ekslusif d VIG akan tampil dengan menggandeng partner-partner dari Indonesia, yakni Arie Aripin, founder PT Jakarta Coffee Premium dan Pemkab Belitung untuk tampil di acara VIG 2022.

Selama 4 hari akan ada full program yang akan menampilkan kuliner Indonesia, yaitu kopi/teh/jamu Indonesia, rempah-rempah dan juga produk-produk wellness, wastra dan wayang dan masih banyak lagi. 

Lokasi pameran VIG 2022 akan diadakan di tempat paling bergengsi di Paris, yaitu Trocadero Garden di depan Menara Eiffel mulai dari 1 hingga September mendatang yang akan diikuti oleh 48 negara dimana Indonesia menjadi Honor Country.

Tanggal 3 September 2022 akan ada Indonesian Day dimana Indonesia akan mendapat tempat sebesar 250 m2 di VIG untuk membuat showcase khusus Indonesia.

Dari demo masak, coffee workshop sampai fashion runway, ditambah dengan workshop dan talkshow setiap jam dan tidak ketinggalan Wonderful Indonesia Presentation oleh VITO Perancis yang akan mengundang travel-travel agent perancis di VIG, promosi Indonesia di VIG akan full dan menyambung non-stop selama 4 hari karena ini merupakan kesempatan besar yang harus dipergunakan secara maksimal untuk membawa Indonesia maju ke International.  Komunitas Indonesia di Perancis juga mengsupport dengan mempersembahkan tari-tarian Nusantara. 

Pengunjung VIG bukan hanya dari Perancis, tetapi juga dari seluruh penjuru dunia, karena Paris merupakan kota wisata dengan wisatawan terbesar di dunia, dan ini sangat bagus dan tepat sekali untuk mempromosikan Indonesia di internasional.

Semoga dengan partisipasi Indonesia di VIG 2022 akan membuat Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat!. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya