PATADaily.id - Bali - InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) melalui SBU The Nusa Dua bersama tenant kawasan The Nusa Dua menyalurkan Bantuan Peduli Bencana Banjir Tahap I dan Tahap II untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Badung, Bali. Inisiatif ini merupakan wujud nyata solidaritas kawasan The Nusa Dua terhadap bencana banjir yang melanda pada 10 September lalu, sekaligus menunjukkan komitmen kawasan terhadap tanggung jawab sosial dan kepedulian lingkungan.
“Penyaluran tahap I & II ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian keluarga besar Kawasan The Nusa Dua terhadap warga yang terdampak banjir. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan membantu pemulihan pasca bencana,” ujar General Manager The Nusa Dua, I Made Agus Dwiatmika dalam keterangan resmi, Rabu (24/9/2025).
Tahap I – Jumat, 19 September 2025, Balai Banjar Adat Muncan, Desa Adat Kapal
Bantuan tahap pertama difokuskan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak serta memberikan dukungan moral dan sosial. Bantuan yang disalurkan meliputi beras 5 kg (140 zak), mie instan (35 dus), minyak goreng (12 dus), kopi instan (3 dus), snack ringan (3 dus), telur (25 krat), baju layak pakai (5 dus & 1 koper), ATK (3 dus), goodie bag (300 pcs), serta perlengkapan mandi (1 dus) untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, kebersihan, dan perlengkapan dasar warga terdampak banjir.
Kegiatan ini dihadiri oleh Putu Rasniathi Adi Arnawa selaku Ketua K3S Kabupaten Badung, I Nyoman Adi Setiawan selaku Lurah Kapal, I Made Aryata selaku Wakil Bendesa Adat Kapal, I Gusti Ngurah Manik Wisnawa selaku Ketua LPM Kelurahan Kapal, serta Ni Putu Ulan Padmawati selaku Ketua PKK Kelurahan Kapal, bersama perwakilan ITDC dan tenant kawasan The Nusa Dua yaitu Dewa Sutarsa Jiwa (Group Head Accounting and General Support The Nusa Dua) dan A A Md Aryawati (Executive Assistant Manager Merusaka Nusa Dua). Bantuan tahap pertama ini tidak hanya menyalurkan kebutuhan fisik, tetapi juga menyampaikan pesan solidaritas bahwa kawasan The Nusa Dua hadir mendampingi masyarakat dalam menghadapi masa sulit.
Tahap II – Selasa, 23 September 2025, Kantor Lurah Sading, Kabupaten Badung.
Tahap kedua penyaluran bantuan dilaksanakan dengan cakupan wilayah yang diperluas untuk menjangkau Kelurahan Sading dan sekitarnya. Bantuan yang diserahkan meliputi pakaian pakaian (10 dus dan 8 tas), selimut (2 dus dan 1 tas), handuk (4 dus), bed sheet (2 dus), serta sembako (10 dus dan 8 tas). Selain itu, diserahkan pula mie instan (41 dus, 1 tas, dan 15 pcs), beras 10 kg (21 sak) dan 5 kg (44 sak), minyak goreng ukuran 2 liter (5 dus), 1 liter (48 pcs), dan 400 ml (24 pcs), air mineral (5 dus), gula (2 dus), snack (9 dus), kopi (2 dus), serta teh kotak (2 dus).
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Putu Rasniathi Adi Arnawa selaku Ketua K3S Kabupaten Badung, Lurah Sading berserta Kepala Lingkungan se-kelurahan Sading, Kabag administrasi Pembangunan Setda Badung AA. Putri Mas serta dari The Nusa Dua diwakili oleh Wayan Arnita selaku Public and Community Relation Division Head beserta jajaran dengan warga penerima bantuan kelurahan Sading.
Bantuan non-sembako disalurkan langsung kepada masyarakat terdampak banjir, sementara sembako diterima oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Badung bidang pembangunan yang merupakan koordinator CSR kabupaten Badung untuk disalurkan kepada warga terdampak banjir di wilayah lain yang belum terjangkau secara optimal.
“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan tenant-tenant kawasan The Nusa Dua yang dengan sigap bergotong royong menghimpun bantuan ini. Penyaluran bantuan tahap I dan II ini adalah wujud solidaritas keluarga besar The Nusa Dua. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak banjir sekaligus memperkuat semangat kebersamaan dan kepedulian sosial di Bali,” tutup Agus Dwiatmika.
Melalui inisiatif ini, ITDC dan para tenant kawasan The Nusa Dua menegaskan komitmennya untuk hadir di tengah masyarakat, tidak hanya sebagai pengelola destinasi pariwisata kelas dunia, tetapi juga sebagai bagian dari komunitas Bali yang peduli dan tanggap terhadap kondisi sosial di sekitarnya. (Gabriel Bobby)