JAKARTA'S EVENTS

JIPremium 2025: Kolaborasi Produk Premium, Keluarga, dan Hewan Peliharaan dalam Satu Pameran

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Pameran internasional tahunan Jakarta International Premium Products Fair (JIPremium) kembali hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta dengan skala yang lebih besar dan segmen yang lebih luas.

Diselenggarakan bersama IMKIDS Fair dan IMKIDS Pet Expo, ketiga acara ini akan berlangsung mulai dari 11 hingga 14 September mendatang di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC).

Dengan tema “One Stop Sourcing for Premium and Lifestyle Products”, JIPremium 2025 menghadirkan lebih dari 350 exhibitor dari dalam dan luar negeri, menampilkan beragam produk unggulan di bidang Home & Living, Food & Beverage, serta Beauty & Fashion.

“Pameran ini kami khususkan untuk produk premium dari dalam maupun luar negeri. Tujuannya agar para pelaku usaha bisa saling berkolaborasi dan membuka peluang ekspor-impor,” ujar Andrew Soh, CEO PT Aremgo Grafindo selaku penyelenggara pameran kepada wartawan.

Andrew menyampaikan, tahun ini, JIPremium menargetkan lebih dari 25.000 pengunjung, meningkat dari jumlah tahun lalu, meski di tengah tantangan kondisi ekonomi dan situasi sosial.

“Kami tetap optimis, meski ada demo atau kondisi yang kurang stabil. Target pengunjung tetap kami jaga, dan dari sisi transaksi, kami harapkan bisa lebih dari tahun lalu yang mencapai sekitar USD 200 juta untuk segmen B2B,” jelasnya.

Dari total hampir 400 tenant, sekitar 320 peserta berasal dari Korea Selatan, sementara sisanya adalah pelaku usaha dari dalam negeri. Khusus untuk pelaku UMKM Indonesia, JIPremium juga menjadi ajang untuk belajar dan benchmarking produk global.

“Dengan melihat cara peserta luar negeri men-display produk, memilih warna, atau menetapkan harga, pengusaha lokal bisa meningkatkan kualitas produknya,” tambah Andrew.

Dengan tema “One Stop Sourcing for Premium and Lifestyle Products”, JIPremium 2025 menghadirkan lebih dari 350 exhibitor dari dalam dan luar negeri, menampilkan beragam produk unggulan di bidang Home & Living, Food & Beverage, serta Beauty & Fashion.

“Pameran ini kami khususkan untuk produk premium dari dalam maupun luar negeri. Tujuannya agar para pelaku usaha bisa saling berkolaborasi dan membuka peluang ekspor-impor,” ujar Andrew Soh, CEO PT Aremgo Grafindo selaku penyelenggara pameran.

Andrew menyampaikan, tahun ini, JIPremium menargetkan lebih dari 25.000 pengunjung, meningkat dari jumlah tahun lalu, meski di tengah tantangan kondisi ekonomi dan situasi sosial.

“Kami tetap optimis, meski ada demo atau kondisi yang kurang stabil. Target pengunjung tetap kami jaga, dan dari sisi transaksi, kami harapkan bisa lebih dari tahun lalu yang mencapai sekitar USD 200 juta untuk segmen B2B,” jelasnya.

Dari total hampir 400 tenant, sekitar 320 peserta berasal dari Korea Selatan, sementara sisanya adalah pelaku usaha dari dalam negeri. Khusus untuk pelaku UMKM Indonesia, JIPremium juga menjadi ajang untuk belajar dan benchmarking produk global.

“Dengan melihat cara peserta luar negeri men-display produk, memilih warna, atau menetapkan harga, pengusaha lokal bisa meningkatkan kualitas produknya,” tambah Andrew. Bersamaan dengan JIPremium, di Hall B dan area JICC juga digelar IMKIDS Fair 2025 dan untuk kali pertama IMKIDS Pet Expo.

IMKIDS Fair menghadirkan produk kebutuhan bayi dan anak, edukasi, serta wellness untuk ibu, lengkap dengan program seperti baby massage, talkshow parenting, hingga berbagai kompetisi anak-anak seperti lomba mewarnai, fashion show, menyanyi, dan menari.

Sementara itu, IMKIDS Pet Expo menjadi pameran khusus produk dan layanan untuk hewan peliharaan, dari kucing, sugar glider, hingga hewan eksotis lainnya.

“Tahun ini kami fokus dulu ke hewan kecil. Belum ada anjing, tapi kalau responnya baik, tahun depan kita siapkan hall khusus,” kata Andrew.

Lebih lanjut Andrew mengatakan, penyelenggaraan tiga acara ini memang dirancang untuk menjangkau semua segmen. Hall A difokuskan pada B2B (Business to Business), terutama untuk pelaku usaha, importir, dan distributor yang ingin melakukan business matching dengan buyer dari berbagai negara. Sementara Hall B lebih ke arah B2C (Business to Consumer), dengan lingkungan yang family friendly.

“Konsepnya, kalau keluarga datang ke sini, ibu dan anak bisa menikmati aktivitas di Hall B, sementara ayah atau pelaku usaha bisa menjajaki kerja sama bisnis di Hall A,” pungkas Andrew.

JIPremium, IMKIDS Fair, dan IMKIDS Pet Expo menjadi bukti bahwa Indonesia tidak hanya menjadi pasar, tetapi juga pelaku aktif dalam perdagangan internasional. Harapan besar ditujukan kepada UMKM lokal untuk naik kelas melalui ajang seperti ini.

“Kita ingin UMKM Indonesia bisa berkembang, belajar, dan bersaing di pasar global. Bukan hanya jualan di dalam negeri, tapi juga ekspor ke luar negeri,” tutup Andrew. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya

Banner of PATA - Left Side
Banner of PATA - Right Side