TRAVEL TRADE

BPW Masih Dibutuhkan Wisatawan

post-img

Hasiyanna S Ashadi, Ketua DPD ASITA Pariwisata DKI Jakarta

PATADaily.id - Seiring perkembangan teknologi, maka biro perjalanan wisata (BPW) pun beradaptasi dengan teknologi terkini sehingga selalu bisa merespons apa yang dibutuhkan wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

"Zaman sekarang sudah ada email, dan WA. Bahkan kantor saya menerima booking bisa dari WA kapan pun dan di mana pun," kata Hasiyanna S Ashadi, Ketua DPD ASITA Pariwisata DKI Jakarta kepada wartawan disela-sela Halal Bihalal ASITA Pariwisata DKI Jakarta di Santika Premiere Slipi Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Jadi, lanjutnya, tidak ada batasan waktu lagi bagi BPW untuk merespons apa yang dibutuhkan wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Menurutnya, tak bisa dipungkiri pada masa kini banyak wisatawan yang mulai tertarik menggunakan online travel agent (OTA).

Hasiyanna menjelaskan bahwa media sosial memang harus diakui banyak memberikan informasi awal. Namun, lanjutnya, tidak semua orang mendapat informasi yang lengkap di medsos.

"BPW bisa memberikan informasi yang lebih lengkap karena ada interaksi langsung," ucapnya. BPW pun, lanjutnya, bisa memberikan kenyamanan bagi wisatawan karena BPW bisa memberikan informasi yang dibutuhkan wisatawan sebhngga wisatawan masih membutuhkan BPW.

Menurut Hasiyanna, BPW bisa menjadi advisor bagi wisatawan sehingga sudah saatnya advice dari BPW untuk wisatawan dikenakan charge. "Tamu yang bertanya dan meminta advice dari BPW bisa dikenakan biaya," ujarnya. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya