PATADaily.id - Jakarta - Dalam rangka memperingati hari jadinya pada Selasa (6/1/2025) yang ke-54, ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia) kembali menegaskan perannya sebagai organisasi vital dalam pengembangan sektor pariwisata Tanah Air.
Tema yang diusung kali ini adalah "Dari Pariwisata untuk Indonesia", sebuah seruan yang meneguhkan peran pariwisata sebagai motor penggerak perekonomian dan pemberdayaan masyarakat Indonesia.
Puncak perayaan HUT ASITA ke-54 akan digelar pada 16-17 Februari 2025 mendatang di Solo, Jawa Tengah.
Dua agenda utama yang akan menjadi sorotan dalam perayaan ini antara lain ASITA Funwalk 2025 pada 16 Februari 2025 dan Indonesia Tourism Outlook 2025 pada 17 Februari 2025. Acara ini diharapkan akan menjadi momentum penting dalam mempererat sinergi antara berbagai elemen pariwisata di Indonesia dan membuka ruang bagi diskusi serta kolaborasi untuk kemajuan sektor pariwisata.
Pada kesempatan ini, ASITA melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding
(MOU) Kerja Sama Promosi antara ASITA dan Taman Mini Indonesia Indah (PT BHUMI
VISATANDA INDONESIA).
Kerja sama ini bertujuan memperkuat promosi destinasi wisata Indonesia yaitu TMII melalui berbagai platform dan saluran yang dimiliki kedua belah pihak. Ketua Umum DPP ASITA Dr N Rusmiati, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas berlangsungnya acara ini. Meskipun sebagian besar peserta hadir secara virtual, antusiasme dan komitmen seluruh anggota ASITA tetap terjaga.
“Kehadiran 35 DPD ASITA dari berbagai provinsi di Indonesia secara online menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam mendukung perjalanan ASITA,” ungkapnya di kantor pusat DPP ASITA, Jakarta, Selasa (7/1/2025).
Lebih lanjut, ASITA menekankan bahwa sektor pariwisata memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memberdayakan masyarakat. “Pariwisata bukan hanya sekadar destinasi atau atraksi, namun juga memberi kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa,” tambah Dr N Rusmiati.
Dengan usia yang telah mencapai 54 tahun, ASITA semakin berkomitmen untuk menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan dan berkualitas. Organisasi ini juga berharap dapat terus berinovasi dan adaptif menghadapi tantangan zaman serta menjadi garda terdepan dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia.
Puncak peringatan HUT ASITA ini diharapkan menjadi kesempatan bagi seluruh pelaku industri pariwisata untuk bersinergi, berbagi pengalaman, dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi masa depan pariwisata Indonesia. (Gabriel Bobby)