JAKARTA'S EVENTS

ASENSI tak Berhenti Edukasi untuk Lisensi Merek Lokal

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya merasa bersyukur dengan pencapaian ASENSI yang pada hari ini, 2 April 2024 merayakan HUT ASENSI.

Susanty menuturkan bahwa di Indonesia ada banyak peluang untuk menggarap lisensi merek dan karakter lokal. "Lisensi merek saya coba perhatikan dengan membangun ASENSI sejak 2 April 2018 silam," katanya ketika dihubungi patadaily.id, Selasa (2/4/2024).

Ia mengatakan, kehidupan manusia di Indonesia tidak bisa lepas dari merek dalam kehidupan sehari-hari. "Sejak bangun di pagi hari, kita tentunya tidak bisa lepas dari merek," ucapnya.

Susanty menjelaskan bahwa ASENSI adalah lembaga yang memberikan edukasi mengenai pentingnya dan perlindungan bagi merek yang ada di Indonesia. 

"Waralaba pun kini sudah menjadi bagian lisensi di negeri ini sebab merek menjadi penting ketika dikembangkan menjadi bagian waralaba," urainya.

Ia mengungkapkan bahwa merek begitu berharga, utamanya untuk pengusaha UMKM untuk peduli dengan melindungi merek dagang yang dimiliki.

Menurutnya, ASENSI berkepentingan dengan merek dan lisensi dari dalam negeri untuk bisa go global dengan dukungan dari pemerintah, yakni Kemenkomarvest.

"Kita sebagai orang ndonesia harus membuat negeri ini menjadi lebih berharga dengan UMKM bisa memberikan perhatian terhadap merek lokal agar bisa berdaya saing sehingga meningkatkan kualitias merek agar diminati di kancah internasional," tuturnya.

Ia memberikan contoh Bakmi Naga Resto adalah merek lokal yang tengah diupayakan untuk bisa go global, khususnya di Taiwan pada 22 hingga 25 Maret lalu. 

"Saya belum lama ini ikut hadir di Taiwan dalam kegiatan di Taipei World Center mengenai kiprah waralaba Indonesia dalam kolaboraasi dengan Taiwan yang tidak menutup kemungkinan kemudian ke berbagai negara," urainya.

Susanty bersyukur ASENSI pun ikut berupaya mempromosikan Indonesia Spice Up The World. "Tahun 2024, misi ASENSI adalah bagaimana melisensikan merek dan produk dalam negeri untuk bisa go global dengan mendukung Bangga Buatan Indonesia dan Wonderful Indonesia untuk terlibat dalam mempromosikan Indonesia Spice Up The World," terangnya.

Susanty mengaku bersyukur merek lokal mampu bertahan dari hantaman pandemi covid-19 dengan melakukan adanya gerakan memakai produk lokal.

Ia menambahkan, lisensi merek lokal akan berjaya di Tanah Air. "Saya, Susanty Widjaya optimistis lisensi merek lokal akan diminati masyarakat negeri ini," tutupnya. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya