TRAVEL

Yayasan El John Indonesia tak Berhenti Promosikan Pariwisata Nusantara ke Pentas Dunia

post-img

PATADaily.id - Jakarta - Yayasan El John Indonesia kembali menggelar ajang bergengsi, Putra Putri Pariwisata Indonesia 2024, yang resmi dibuka oleh Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Fransiskus Handoko, mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno. Acara pembukaan ini berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Senin (22/7/2024).

Ikut membuka acara Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto, beserta para dewan juri. Acara ini turut dihadiri antara lain Dewan Penyantun PSMTI Abraham Rudi, Wakil Ketua Perwanti PSMTI Pusat bidang Organisasi Helga Tjam, Putra Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia, perwakilan sponsor, desainer dan keluarga finalis

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penabuhan gendang, disusul dengan penyelempangan dan pengalungan sash kepada para finalis. Kontes ini menampilkan 25 pasangan yang mewakili berbagai provinsi di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Timur, dan lainnya.

Pembukaan ini menandai dimulainya masa karantina para finalis, yang berlangsung di The Tavia Heritage Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, mulai 22 hingga 28 Juli mendatang. Selama masa karantina ini, para finalis akan menjalani berbagai pembekalan dari narasumber profesional mengenai pariwisata, budaya, kepribadian, dan aspek lainnya. Mereka juga akan mengikuti tes psikotes serta wawancara dengan para juri untuk menentukan pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Fransiskus Handoko memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024. Dalam pernyataannya, Fransiskus menyatakan bahwa acara ini memiliki potensi besar untuk memperkuat citra positif pariwisata Indonesia, khususnya dalam konteks pemulihan ekonomi nasional.

"Tentu saja, kami mengapresiasi sekali penyelenggaraan Putra Putri Pariwisata Nusantara yang mana event ini dapat memperkuat citra positif Pariwisata Indonesia khususnya saat ini karena Indonesia saat ini dalam proses pemulihan ekonomi dengan adanya citra positif ini tentu saja bisa lebih cepat memulihkan ekonomi Indonesia melalui kebangkitan event-event nasional pariwisata," ujar Fransiskus.

Fransiskus juga menyampaikan harapannya agar acara ini dapat berlanjut dari tahun ke tahun. Menurutnya, keberadaan event-event yang melibatkan generasi muda dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai tuan rumah yang aktif dalam menggelar event pariwisata, yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya tarik wisatawan.

‘’Melalui dukungan terhadap event-event seperti ini, diharapkan Indonesia dapat terus membangun momentum positif dalam industri pariwisata, yang merupakan salah satu sektor kunci dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.” sambungnya.

Tahun ini, tema yang diangkat adalah "Beli produk Buatan Indonesia", yang menjadi inisiatif Yayasan El John Indonesia untuk mendorong apresiasi dan promosi terhadap produk-produk lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan dukungan terhadap produk buatan Indonesia, diharapkan akan tercipta dampak positif dalam ekonomi lokal serta membantu pelestarian sumber daya alam dan nilai-nilai tradisional bangsa.

Sejalan dengan tema ini, acara pembukaan kontes juga menampilkan produk-produk UMKM dari daerah asal finalis, seperti makanan, minuman, wastra, dan kerajinan tangan, sebagai upaya konkret dalam mendukung promosi kekayaan budaya Indonesia.

Sementara Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto, mengatakan cara ini tidak hanya tentang kompetisi, tetapi juga mengusung tema penting bagi perekonomian lokal.

"Tujuannya mengusung tema 'Beli produk Buatan Indonesia', kita ingin mendorong perekonomian di Indonesia supaya lebih cepat lagi berputar,” ujar CEO EL JOHN Media ini.

Dia juga mengajak semua elemen masyarakat untuk lebih menghargai produk lokal Indonesia daripada hanya fokus pada produk impor.

‘’Dengan demikian, dukungan terhadap produk lokal diharapkan tidak hanya memperkuat ekonomi lokal tetapi juga mendukung pertumbuhan UKM di berbagai sektor, memastikan bahwa ekonomi berputar di dalam negeri,’ tutur Johnnie

Tidak hanya sebagai ajang nasional, Yayasan El John Indonesia juga mengumumkan tiga Putri binaannya yang akan mewakili Indonesia dalam kontes internasional, sebagai langkah untuk lebih memperluas pengaruh dan apresiasi terhadap pesona pariwisata Indonesia di dunia. (Gabriel Bobby)

Artikel Lainnya