Bandara-Bandara InJourney Group Raih Penghargaan Kelas Dunia

Share

Istimewa

PATADaily.id – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN oariwisata dan pendukung menyambut baik berbagai penghargaan prestisius kelas dunia dari Airport Service Quality Awards 2022 dan World Airport Awards Skytrax 2023 yang diberikan kepada bandara-bandara dibawah pengelolaan anak usahanya.

Penghargaan tersebut tentunya bukti apresiasi dari kerja keras yang dilakukan InJourney dan anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara dalam meningkatkan pelayanan bandara di Indonesia.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengungkapkan bahwa penghargaan ini dicapai berkat kolaborasi dan dukungan dari para stakeholders untuk memberikan service excellence yang berorientasi pada kepentingan pelanggan.

“Bandara adalah representasi wajah Indonesia yang memegang peranan penting dalam membentuk kesan pertama atau first impression bagi orang yang berkunjung ke Indonesia dan juga kesan terakhir atau last impression bagi mereka yang meninggalkan Indonesia. Kami mentransformasi bandara dengan pergeseran fokus yang semula berbasis operasional menjadi fokus untuk pelayanan kepada pelanggan,” ungkap Dony dalam keterangan resmi pada akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Dony mengatakan bahwa seluruh pekerjaan untuk memberikan pelayanan di bandara dikerjakan secara detail.

Mulai dari kebersihan toilet hingga pelayanan di ruang tunggu. Termasuk memikirkan berapa lama penumpang harus mengantre untuk check-in.

Bandara, lanjut Dony, tidak hanya dibuat lebih nyaman, tetapi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan kualitas gerai retail di bandara.

Hal ini diharapkan membuat penumpang atau pengunjung di bandara akan lebih lama berada di bandara untuk melakukan transaksi belanja.

“Ke depannya, kami juga akan terus membenahi tenant mixing, tampilan gerai hingga penataan produk (virtual merchandising) pada gerai-gerai food and beverages, retail, UMKM, dan sebagainya di bandara. Kami akan atur dan terus melakukan perbaikan sebagai bagian dari pelayanan kepada pengguna jasa bandara agar gerai-gerai yang ada tidak terkesan monoton dan lebih variatif dalam melayani kebutuhan pengguna jasa bandara. Semua peningkatan ini pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga untuk peningkatan customer satisfaction,” jelasnya.

Dony melanjutkan, saat ini InJourney sedang menjalankan proses transformasi kualitas pelayanan pelanggan untuk bandara-bandara dibawah kelolaannya yang tadinya berbasis airport operator, artinya bandara hanya sebagai tempat naik dan turun penumpang, namun lebih dari sekedar itu bahwa bandara justru harus memberikan lebih banyak layanan yang berfokus untuk meningkatkan customer experience khususnya passenger’s journey selama di bandara.

Hal ini merupakan bentuk adaptasi business model bandara yang tengah berkembang dan best practice di industri global saat ini. (Gabriel Bobby)

Share