Gereja Santo Yusuf Cirebon adalah Gereja Katolik Pertama di Jawa Barat

Share

Istimewa

PATADaily.id – Tahukah kamu bahwa Gereja Katolik pertama di Jawa Barat terletak di kota Cirebon.

Dalam catatan sejarah kota Cirebon yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa bagian barat, terkenal sebagai kota bersejarah dalam penyebaran agama Islam.

Namun tak banyak yang tahu bahwa bangunan Gereja Katolik pertama di Jawa Barat dibangun di kota Cirebon.

Bangunan itu adalah yang sekarang terkenal dengan nama Gereja Katolik Santo Yusuf yang terletak di Jalan Yos Sudarso No 20, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Pembangunan Gereja Santo Yusuf kota Cirebon membutuhkan waktu selama dua tahun dan selesai pada 1880 silama.

Gedung gereja yang hingga kini masih berdiri dengan kokoh dan terpelihara dengan baik mempunyai akustik suara yang sangat indah dan sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang harus dijaga dan dilindungi dalam Surat Keputusan Walikota Cirebon No 19 Tahun 2001.

Sejarah mencatat adalah Theodorus Gonsalves seorang pengusaha gula juga berperan sebagai perancang dan pengawas dari proses pendirian gedung gereja ini yang bergaya Eropa dengan salah satu elemen yang menarik dari bangunan ini adalah salib pada bagian puncak.

Pembangunan gedung Gereja Santo Yusuf memerlukan waktu 2 tahun dan diresmikan pada 10 November 1880 oleh Mgr Adam Carel Claessens.

Sejak saat itu, Gereja Santo Yusuf Cirebon menjadi gedung gereja Katolik pertama di Jawa Barat dan di Keuskupan Bandung.

Menjadi kebanggaan bagi kami, Quo Vadis Choir – Jakarta mempunyai kesempatan bernyanyi di Gereja Santo Yusuf, Cirebon pada perayaan Hari Pangan Sedunia, Minggu 16 Oktober 2022 pada Perayaan Ekaristi pukul 09.00 WIB.

Dari panti koor kami bisa secara langsung menikmati keindahan bagian dalam gedung Gereja yang mempunyai akustik yang sangat indah memantulkan nyanyian-nyanyian yang kami persembahkan.

Sungguh suatu pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. (Artikel ini ditulis Graece Tanus, penulis pariwisata dan konten creator Graece Journey)

Share