17 Agustus di Keakwa, Papua: Ada Festival Perahu dan ‘Dokter Terbang’

Share

Istimewa

PATADaily.id – Keakwa adalah kawasan wisata pesisir di Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Destinasi wisata baru di Bumi Cendrawasih ini punya suguhan spesial untuk perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Istimewa

Maximus Tipagau, selaku ketua Yayasan Somatua yang juga mengelola kawasan wisata Keakwa menjelaskan, perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022) nanti akan terasa spesial. Sebab di Keakwa, bakal ada beragam lomba yang menjadi pesta rakyat!”Ada lomba voli, festival tari Seka, dan festival perahu. Nantinya ini akan menjadi pesta rakyat dan bisa dihadiri wisatawan,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (15/8/2022).

“Freeport, Pemda Mimika, TNI, dan Polri Mimika ikut mendukung acara ini. Kami harap acara ini juga jadi salah satu promosi pariwisata di Mimika.” jelas Maximus.Maximus Tipagau yang punya buku terbitan berjudul ‘Maximus dan Gladiator Papua’ itu menyebutkan, ada dua distrik yang akan memeriahkan acara bertema Semarak Kemerdekaan di Keakwa. Kedua distrik itu bernama Kokonaw dan Timika Baru dengan total delapan kampung.Selain berbagai lomba dengan hadiah yang menarik, ada satu lagi kegiatan yang berbeda di Keakwa pada Hari Kemerdekaan nanti. Kegiatan itu bernama ‘Dokter Terbang’.

“Jadi, Yayasan Somatua akan bekerja sama dengan dokter-dokter di Timika. Sekitae empat dokter akan datang untuk memberikan pelayanan kesehatan, penyuluhan gizi, dan pengobatan gratis,” terangnya.

“Masyarakat di sekitar bisa berobat dan bahkan melakukan tindakan operasi jika memungkinkan,” sambungnya.Maximus Tipagau sebelumnya pernah melakukan kegiatan Dokter Terbang di wilayah pegunungan, Intan Jaya. Maximus menerbangkan beberapa dokter ke kawasan yang sulit dijangkau.”Yayasan Somatua biasanya dulu menghadirkan Dokter Terbang di kawasan pegunungan tapi kini kami lakukan di pesisir. Harapannya tentu adalah membuat kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik,” katanya.Keakwa bisa ditempuh dari Pelabuhan Pomako, Timika dengan menggunakan perahu seama sekitar satu jam. Ada fasilitas penunjang pariwisata di sana seperti 15 homestay, tempat makan, dan ketersediaan air bersih.Rangkaian acara perayaan 17 Agustus di Keakwa dimulai pada Senin (15/8/2022) ini sampai Rabu (17/8/2022) mendatang. (Gabriel Bobby)

Share