Rumah Indonesia Paris Promosi Pariwisata di Paris

Share

Istimewa

PATADaily.id – Setelah satu bulan diresmikan, Rumah Indonesia Paris (LA MAISON DE L’INDONESIE) tidak pernah berhenti untuk terus mempromosikan produk-produk UKM Indonesia di Paris, bersama dengan kuliner, seni, budaya dan pariwisata di Tanah Air dengan mengusung Wonderful Indonesia.

Adapun animo masyarakat Perancis terhadap Indonesia sangat tinggi, dan Rumah Indonesia Paris pun mulai banyak mendapat kunjungan dan pelanggan-pelanggan yang mayoritas orang Perancis yang suka membeli produk-produk Indonesia, seperti kopi, coklat, teh, bumbu rempah-rempah dan dekorasi-dekorasi Indonesia.

Program-program Workshop pun juga sudah dibuat di Rumah Indonesia Paris yang menawarkan program kursus reguler seperti Workshop Massage Bali, kursus Bahasa dan Budaya Indonesia, Workshop Kopi/Coklat/Jamu.

Oleh sebab itu 2 event pun akan digerai untuk memperkenalkan Indonesia lebih gencar kepada masyarakat Perancis, antara lain pada 21 Juni. yakni Fete de la Musique (Pesta Musik).

“Setiap tahun tanggal 21 juni, masyarakat Perancis merayakan Pesta Musik, dimana di hari tersebut semua bisa menggelar acara untuk merayakan musik bersama. Rumah Indonesia Paris menggerai event open house mengundang seluruh masyarakat Indonesia dan Perancis yang ingin bermain musik dan bernyanyi untuk tampil di Rumah Indonesia secara bebas. Akan ada free testing tempe dan juga kuliner Indonesia seperti Nasi Goreng, Sate Ayam  dan Sate Tempe akan ditampilkan di event ini. Acara ini terbuka untuk semua orang dan berlangsung mulai jam 12 siang sampai malam,” demikian siaran pers yang diterima patadaily.id, Selasa (21/6/2022).

Sementara pada 23 Juni mendatang ada Journée de Patrimoine (Indonesian Heritage Day) di Rumah Indonesia Paris, mulai dari jam 14.30 hingga jam 21.00 waktu setempat, digelar kegiatan-kegiatan promosi Indonesia seperti demo jamu, demo massage Bali, pertunjukkan Tarian dari Minang dan Kalimantan, demo presentation Bahasa Indonesia, dan pemutaran film mini dokumenter  oleh sutradara Perancis, Alexandre  Szuren tentang Petani Garam di Bali, Pencak Silat, Galungan dan Kuningan, dan tentang operasi pembersihan sampah plastik di Indonesia.

Semua kegiatan diadakan di Rumah Indonesia Paris untuk memperkenalkan Indonesia lewat produk, kuliner, seni, budaya dan  keindahan alam.

Acara ini bisa berjalan berkat kolaborasi dan support partner-partner dari Perancis dan komunitas Indonesia di Perancis. Rumah Indonesia Paris yang berlokasi di tempat strategis di tengah kota Paris, di daerah Montparnasse gampang dijangkau oleh publik Perancis. Selain turis yang lewat dan berwisata ke Paris, juga bagus untuk market residential di Paris. Sebagian besar pengunjung yang datang sudah pernah mendengar Indonesia tetapi belum mengenal lebih baik.

Kedepannya, akan banyak diadakan event-event promosi Indonesia secara regular di Rumah Indonesia Paris yang menjadi Jendela Indonesia di Paris (Windows of Indonesia). (Gabriel Bobby)
 
   

Share