IITCEF 2022 Digelar Hybrid Melibatkan Anggota ASITA

Share

Konferensi pers IITCEF 2022

PATADaily.id – Ketua Umum DPP ASITA Nunung Rusmiati menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya melibatkan anggotanya saja yang berjumlah lebih dari 7.000 pengusaha tour and travel namun pihaknya juga dalam proses bekerja sama dengan beragam asosiasi lain yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Yang utama price, kolaborasi travel sendiri terdiri dari pesawat, hotel, restoran, dan suvenir. Satu paket sudah keseluruhan ekonomi kreatif dengan diskon 20–30 persen. Hotel lebih mudah untuk beri diskon bahkan sampai 50 persen,” ungkapnya dalam jumpa pers IITCEF 2022 di Mal Kota Kosablanka, Kamis (28/4/2022).

Rusmiati yang juga Wakil President ABTO menyampaikan pihaknya akan menyiapkan booth exhibitor dari 34 provinsi di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan agar setiap daerah dapat memperkenalkan produk dan keunggulan masing-masing.

“Tidak hanya travel saja, di bawah kita itu ada 33 asosiasi yang notabene di bidang pariwisata itu juga kita libatkan. Silakan berkreasi di situ semua kita siapkan. Untuk ekonomi kreatifnya benar-benar dari setiap 34 provinsi bahwa kreatifnya agar bisa berjualan,” tambahnya.

Sehingga, lanjutnya IITCEF pada 11 hingga 13 Agustus mendatang digelar secara hybrid di Kota Kasablanka sebab akan diikuti anggota ASITA yang tersebar di Indonesia.

Salah satu acara dalam rangkaian G20 Spirit adalah diluncurkannya Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 di Wayang Bistro yang ada di Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta pada Kamis, 28 April 2022 oleh para pendirinya, yakni PATA Indonesia, DPP ASITA, TRANS EVENT dan GlobalExhibit.

Adapun IITCEF 2022 akan berlangsung pada 11 hingga 13 Agustus mendatang di The Kasablanka Hall di Kokas yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ambassador & CEO Club.

Poernomo Siswoprasetijo, President/CEO PATA Indonesia Chapter dalam siaran pers yang diterma patadaily.id mengatakan, “Event berskala internasional ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan di industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena hantaman berat selama masa pandemi ini. Kami mencoba untuk bangkit bersama dengan bekerja sama dengan berbagai pihak yaitu Kementerian, Pemerintah Daerah, dunia usaha, komunitas, dunia pendidikan dan tentu saja media massa dalam mempersiapkan event ini”.

“Kami melibatkan tidak saja anggota kami yang berjumlah lebih dari 7000 pengusaha tours & travel, tapi kami juga dalam proses untuk bekerja sama dengan berbagai asosiasi lain yang berhubungan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. Rencananya event ini akan dibuka oleh
Presiden RI Joko Widodo,” ujar N Rusmiati, Ketua Umum DPP ASITA.

Sementara Grace Sabandar selaku CEO GlobalExhibit menambahkan, “Sebagai inisiator G20 Spirit, saya melihat bahwa event IITCEF 2022 ini adalah wujud nyata dari Recover Together, Recover Stronger yang merupakan tema besar dari Presidensi G20 Indonesia.

Menurutnya, Ambassador & CEO Club juga mendukung penuh acara ini. “Dan kami akan melibatkan tidak saja negara-negara anggota G20, tetapi juga negara lain untuk berpartisipasi baik dalam pameran, forum diskusi, dan lain-lain”.

“Acara ini bukan travel fair biasa, karena di dalamnya akan ada berbagai kegiatan menarik, seperti penandatanganan MoU dengan para stakeholders, keterlibatan pelaku ekonomi kreatif seperti fashion, film, kuliner dan lainnya. Kami senang sekali mendapat dukungan manajemen The Kasablanka dalam penyelenggaraan event kami dari mulai kick off press conference sampai dengan acara berlangsung di tanggal 11-13 Agustus nanti,” sambung Iko Wisprantoko Direktur Utama TRANS EVENT.

Iko mengutarakan bahwa event ini untuk membantu pemerintah mempromosikan destinasi wisata di Tanah Air. (Gabriel Bobby)

Share