Kesuksesan MotoGP 2022 Diharapkan Berdampak Terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional

Share

Istimewa

PATADaily.id – Kesuksesan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) sebagai event sport tourism kelas dunia yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022 diharapkan dapat memberikan dampak maksimal terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional. Khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

Kemenparekraf/Baparekraf, seperti yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno, menargetkan multiplier effect dari ajang MotoGP 2022 ini sebesar Rp500 miliar dengan menciptakan sebanyak 35 ribu hingga 50 ribu lapangan kerja baru.

“InsyaAllah Rp500 miliar bisa berputar dengan menciptakan 35.000 hingga 50.000 lapangan kerja baru sebagai dampak dari event MotoGP ini. Dengan berbagai dukungan yang dilakukan, kami mengharapkan tentunya sinergitas dari kita semua untuk sama-sama menyukseskan event yang merupakan kebanggaan kita semua sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Direktur Event Nasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati saat peresmian “Media Center Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika ” di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kamis (17/3/2022).

Kemenparekraf/Baparekraf dengan semangat 3G (Gerak Cepat, Gerak Bersama, dan Gali Semua Potensi) telah melakukan berbagai bentuk koordinasi dan kolaborasi baik dengan pemda maupun juga dengan pihak swasta lainnya dalam skema pentahelix pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyukseskan kegiatan MotoGP 2022.

Di antaranya bekerja sama dengan BMKG, BRIN, dan TNI AU untuk memanfaatkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dalam mencegah mencegah hujan di langit Mandalika serta membantu memitigasi situasi selama ajang berlangsung. Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Kemenkes, BNPB, Basarnas, Polri, Kemenhub, Pemda, dan PHRI membangun Tourism Help Desk dalam rangka event balap MotoGP Mandalika 2022 yang berfungsi sebagai wadah konsultasi dan informasi untuk calon pelaku perjalanan, pengaduan, serta fasilitasi saran dan masukan dari pelaku perjalanan.

Untuk mendukung promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, Kemenparekraf/Baparekraf juga menggelar side event. Diantaranya Festival Jajanan Bango yang melibatkan 50 penjaja makanan khas Indonesia berlokasi di pantai Kuta Mandalika.

“Selain itu juga Food Truck Goes to Mandalika bekerja sama dengan Gojek Indonesia menghadirkan 15 unit food truck di Mandalika. Juga aksilarasi, aksi selaras sinergi, penampilan film pendek sebanyak dua film pendek produk aksilarasi yang akan diputar di Beach Park Kuta Mandalika pada 18 Maret 2022,” kata Dessy.

Sebagai upaya dukungan Kemenparekraf terhadap UMKM, terdapat 10 UMKM binaan Kemenparekraf yang masuk dalam booth Pertamina pada event MotoGP. Selain itu dalam mempromosikan produk parekraf, Kemenparekraf/Baparekraf mengadakan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika yang berlokasi di terminal kedatangan Bizam area selasar dengan jumlah peserta 300 dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner.

Sementara untuk akomodasi, Kemenparekraf/Baparekraf telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemda, Bobobox, dan PT Kelana terkait penyiapan amenitas dengan meningkatkan kapasita pengelola homestay/sarhunta di wilayah Desa Wisata Kuta Mandalika dan Gili Tramena (Trawangan-Meno-Air) serta fasilitasi penataan destinasi di lingkungan homestay yang berlokasi di Desa Wisata Kuta.

Kemenparekraf/Baparekraf menyiapkan paket akomodasi dan atraksi berupa fasilitas hotel di Lombok, homestay, perumahan cluster, LOB Phinisi, serta hotel di Bali.

“Kemudian kami juga melakukan berbagai media promosi untuk landing page MotoGP. Ajang balap motor merupakan event sport tourism kelas dunia yang memberikan multiplier effect pada perekonomian masyarakat secara langsung di Mandalika dan Lombok pada umumnya,” kata Dessy dalam siaran pers yang diterima patadaily.id.

Sementara Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer menyampaikan bahwa persiapan dari sisi kepanitiaan termasuk segala yang terkait dengan event sudah dipersiapkan dengan baik.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga berkesempatan melepas langsung keberangkatan pembalap yang diikuti dengan parade pembalap MotoGP yang disambut antusias masyarakat.

“Dapat kami sampaikan bahwa pembalap sangat sangat enjoy, mereka merasa terhormat dan siap untuk tampil nanti hari Sabtu dan hari Minggu. Selain itu kami juga menyampaikan bahwa untuk penjualan tiket di hari terakhir sudah sold out, dan di hari kedua juga bertambah terus dan nanti di hari pertama kami bekerja sama dengan Pak Gubernur (NTB) untuk membagikan beberapa tiket ke masyarakat,” ujarnya.

Ia pun berharap dukungan semua pihak, termasuk media untuk dapat menyukseskan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022).

Karenanya ia menyambut baik kehadiran Media Center Indonesia oleh Kemenkominfo dan Informatika.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, mengatakan, media center ini merupakan bentuk fasilitasi pemerintah bagi media untuk dapat menyampaikan informasi aktual serta menyosialisasikan MotoGP Mandalika kepada masyarakat Indonesia dan juga internasional.

“Silakan teman-teman pakai secara free, ada working space, ruang jumpa pers, kursi pijat, mushalla, dan berbagai fasilitas lain. MotoGP ini adalah nation branding untuk Indonesia. Karena itu saya imbau teman-teman untuk mengabarkan atau memberitakan terkait MotoGP Mandalika bahwa kami siap,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

Share