Menparekraf Sandiaga Targetkan 2022 Kunjungan Wisman Naik

Share

Menparekraf Sandiaga S Uno

PATADaily.id – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu, maka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) menurun drastis.

Dan, diharapkan pada 2022, kunjungan wisman dapat kembali meningkat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan, pandemi sangat berpengaruh pada kunjungan wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara.

Akibatnya, banyak dari mereka yang mengais rezeki dari sektor parekraf berkurang penghasilannya, bahkan kehilangan mata pencaharian.

Namun Sandiaga Uno melihat secercah harapan pada sektor parekraf pada 2022. Pasalnya, ada banyak event internasional yang akan berlangsung di Indonesia sepanjang tahun ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sandiaga Uno pun menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada 2022 bisa meningkat sebanyak 100 persen.

Dia juga menjadikan kehadiran wisatawan mancanegara nantinya sebagai harapan optimisme.

“Tahun 2022 ini kita menargetkan jumlah kunjungan wisatawan meningkat sebanyak 100 persen. Dari yang tadinya hanya 1,6 juta – 1.7 juta,  sekarang kita menyasar 1,8 juta sampai 3,6 juta orang,” kata Sandiaga dalam webinar Tourism & Hospitality Industry Outlook 2022 – “New Normal: Saatnya Bangkit Dari Tidur Pulas” pada Kamis (20/1/2022).

Selain menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sepanjang 2022, Sandiaga juga sudah menetapkan target terhadap pergerakan pariwisata nasional sebanyak 260 hingga 280 juta wisatawan Nusantara.

Sementara kontribusi sektor pariwisata pada PDB nasional kita harapkan akan mencapai 4.3 persen,” tutur Sandiaga.

Sebelumnya, beberapa indikator menunjukkan, estimasi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara hingga akhir tahun 2021 hanya mencapai 1,6 juta orang.

Ini tidak sampai 10 persen jika dibandingkan dengan total jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta orang pada 2019 silam. (Gabriel Bobby)

Share