Wisnus Kini Diandalkan

Share

Menparekraf Sandiaga S Uno

PATADaily.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan bahwa selama ini wisatawan Nusantara (wisnus) dianggap bukan harapan bagi mereka yang menjadi pelaku wisata dan ekonomi kreatif.

Akan tetapi, kini justru wisatawan Nusantara lah yang menjadi roda penggerak di sektor parekraf.

“Selama ini wisatawan Nusantara bukan menjadi harapan bagi para pelaku wisata dan ekonomi kreatif, tapi sekarang wisatawan nusantara yang justru menjadi lokomotif menjadi roda penggerak geliat sektof parekraf,” kata Sandiaga dalam Webinar Tourism & Hospitality Industry Outlook 2022 – “New Normal: Saatnya Bangkit Dari Tidur Pulas”, Kamis (20/1/2022).

Adapun pandemi covid-19 membuat perubahan dalam sektor parekraf di Tanah Air. Ya, setelah pemerintah beberapa kali memperketat pintu masuk internasional akibat Covid-19, wisatawan mancanegara yang traveling ke Indonesia berkurang drastis.

Dari 17 juta wisatawan mancanegara yang melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2019, hanya sekira 1.6 juta wisatawan mancanegara yang melakukan kunjungan ke Indonesia selama Covid-19 berlangsung.

Akibatnya pemerintah pun harus mencari solusi untuk menarik minat wisatawan Nusantara melakukan perjalanan wisata di dalam negeri, serta berkontribusi untuk membeli produk lokal dari sektor ekonomi kreatif (ekraf). (Gabriel Bobby)

Share