Deklarasi HUT ASITA ke-51

Share

Ketua Umum DPP ASITA Dr N Rusmiati di HUT ke-51 ASITA yang dirayakan di KEK Tanjung Lesung (Ist)

PATADaily.id – Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang devisa negara terbesar.

Suksesnya sektor kepariwisataan tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama para stakeholder (mitra).

Sebagai salah satu mitra di bidang kepariwisataan, Perusahaan Perjalanan Wisata (BPW) atau ASITA (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies) telah berperan aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia melalui transaksi paket-paket wisata.

Dalam rangka memperingati HUT yang ke-51, ASITA merayakannya di Provinsi Banten, tepatnya di Baduy Kabupaten Lebak dan Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang.

Pada kesempatan yang sama juga ada deklarasi ASITA. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Dr N Rusmiati ketika dihubungi patadaily.id, Selasa (12/1/2022).

“Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama 2 tahun ini membawa dampak yang sangat signifikan bagi industri pariwisata. Para pelaku pariwisata banyak yang kehilangan penghasilan atau bahkan menjadi pengangguran karena adanya pembatasan atau larangan kunjungan ke suatu daerah. Begitu pula dengan BPW, dengan adanya pembatasan kunjungan wisatawan maka berkurang pula transaksi yang masuk,” urainya dalam siaran pers yang diterima patadaily.id, Rabu (12/1/2022).

Rusmiati menjelaskan, di momen ulang tahun yang ke-51 ini, ASITA yang terdiri dari 7000 anggota yang tersebar di 34 DPD seIndonesia menggagas Gerakan Nasional yang terdiri dari BPW bangkit galang devisa bagi bangsa dan negara.

“Pariwisata bangkit, mari bertransaksi paket wisata melalui BPW resmi dan anggota ASITA. Mengajak pemerintah pusat dan daerah untuk membelanjakan anggaran perjalanan dinas melalui BPW resmi dan anggota ASITA,” tuturnya di destinasi wisata KEK Tanjung Lesung pada Jumat (7/1/2022).

Rusmiati mengatakan, pelonggaran karantina bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. “Upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata merupakan tugas kita bersama,” ucapnya.

Ia berharap kondisi pandemi covid-19 segera berlalu tentunya menjadi harapan bersama agar sektor pariwisata kembali bangkit dan bergairah. (Gabriel Bobby)

Share