Branding dan Diskon di UMKM Pariwisata Virtual Mart

Share

Istimewa

PATADaily.id – Sebanyak 10 operator trip dan aktivitas wisata mengikuti acara UMKM Pariwisata Virtual Mart 2021. Mereka melakukan presentasi secara virtual dan memberikan diskon hingga 30 persen.

Meidy Ahmad dari Tirta Komunika selaku penyelenggara acara berharap UMKM Pariwisata Virtual Mart 2021 yang disponsori BNI, BRI dan didukung First Media serta Alfamart mengemukakan bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi dan branding.

Karena itu, peserta diberi waktu untuk melakukan presentasi promosi dan memberikan sejumlah diskon untuk pembelian pada 6 November 2021 hingga pukul 00.00 WIB.

“Ini saat yang tepat buat teman-teman di usaha pariwisata untuk kembali mengingatkan memori masyarakat yang sudah rindu berwisata. Tentu saja dengan komitmen disiplin protokol kesehatan,” ujar Meidy.

Dia menambahkan, acara yang juga mendapat dukungan dari Koperasi Jasa Sentra Wisata alam Nusantara (Kopisetara) ini juga membuat ‘jembatan’ dengan membagikan e-katalog berisi paket wisata dan aktivitas yang ditawarkan sellers kepada peserta yang mengikuti acara secara virtual dan juga jejaring komunitas secara luas.

“Dengan e-katalog itu, kami berharap bisa memunculkan efek berkelanjutan. Masyarakat yang mendapat e-katalog melalui whatsapp bisa terus menggulirkan. Masyarakat yang tertarik pada akhirnya bisa menghubungi langsung operator, melakukan pemesanan langsung dan negosiasi sendiri,” tutur Meidy dalam siaran pers yang diterima patadaily.id pada akhir pekan ini.

10 sellers yang ikut dalam UMKM Pariwisata Virtual Mart 2021 cukup bervariasi, mulai dari aktivitas petualang yang memacu adrenalin, glamping, penawaran paket perjalanan, bersantai di private island, hingga event.

“Hampir semua sellers yang ikut acara ini menawarkan wisata outdoor dan petualangan di alam terbuka, baik dalam skala ringan seperti glamping hingga yang memacu adrenalin seperti paralayang. Ini sejalan dengan keinginan masyarakat yang sebagian besar memilih wisata outdoor akibat pandemi Covid-19,” tutup Meidy.

Berikut sekilas profil peserta UMKM Pariwisata Virtual Mart 2021:

1. Ra’gentar

Berdiri sejak tahun 2007 Ra’gentar Adventure and Training merupakan perusahaan yang bergerak di luar dan dalam ruangan. Lokasinya ada di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Pada even ini menawarkan 20% diskon untuk paket Tenda Panggung dan Campervan Park Umbul Sidomukti dan berbagai aktivitas lain seperti treking dan berbagai wahana pacu adrenalin.

2. Papatong Club

Papatong Club (Papatong Fly n Play) menawarkan aktivitas menantang paralayang di kawasan Puncak, Bogor. Papatong memberi diskon 10% untuk satu kali paralayang tandem dan sekolah paralayang mulai dari teori, praktik, hingga ujian untuk mendapat lisensi.

3. LareAngon Indonesia

LareAngon menawarkan event Festival Petualang Nusantara dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari treking, pelatihan navigasi, basic survival dan masih banyak kegiatan bermanfaat lain yang dirangkum selama tiga hari dua malam.

4. Pesona Alam Sumba

Sumba selalu menarik untuk dikunjungi. Pesona Alam Sumba memberi diskon 10% untuk paket perjalanan 5 hari 4 malam dan 4 hari 3 malam.

5. Nikoi Island

Sebelum pandemi, Nikoi Island yang terletak di Bintan merupakan surga tersembunyi (private Island) yang lebih banyak diminati wisatawan mancanegara. Menawarkan ketenangan, pasir putih, beragam aktivias air, dan juga kegiatan pelestarian alam. Di masa pandemi, Nikoi Island menawarkan paket domestik dengan harga yang jauh lebih murah ditambah diskon 10% selama event.

6. Djegangan

Djegangan Resto dan Homestay menarik disambangi. Menawarkan homestay berkonsep Jawa, terletak di lereng selatan Gunung Slamet. Lokasinya strategis, dekat dengan berbagai objek wisata seperti Curug Telu (1 km), Grojogan Ratu (1,5 m), Hutan Pinus Limpak Kuwus (4 km), Telaga Sunyi (4 km), dan wisata Baturraden (3 km).

Setiap homestay di Djegangan memiliki dua lantai, lantai atas berfungsi sebagai ruang tidur, sedangkan bagian bawah berfungsi sebagai beranda. Djegangan juga menawarkan beragam aktivitas seperto safari jeep, trekking, dan outbond.

7. Stand Up Paddle

Olahraga wisata yang satu ini mulai dikenal masyarakat umum saat mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti. Kaniki Action Partner menawarkan basic course stand up paddle dengan diskon 20%. Tempat pembelajaran ada di dua tempat, Ancol dan Pantai Mutiara.

8. Tanakita 5 Star Camp

Tanakita Campsite sudah lama dikenal sebagai tempat glamping yang asri, tenang, dan nyaman yang terletak di sekitar Taman Nasional Gede Pangrango di kawasan Sukabumi dengan kamar mandi bersih dan aktivitas menarik. Selama satu hari acara manajemen Tanakita menawarkan diskon 20%.

9. Gunung Geulis Nature Park

Lokasinya yang dekat dengan Jakarta dan belum masuk kemacetan Puncak menjadi keunggulan tersendiri. Gunung Geulis Nature Park menawarkan glamping dengan diskon 30%. Tempat ini juga memiliki resto berkonsep unik dengan nama The Ironbee. Ada pula beragam aktivitas seperti memanah offroad, trekking, dsb.

10. Main Outdoor

Main Outdoor berdiri sejak 14 Desember 2015 diinisiasi oleh anak muda penggiat petualangan Indonesia. Konsep yang diusung Main Outdoor adalah konsep Modern Adventure Tourism dengan layanan utama wisata petualangan yang aman, nyaman dan kekinian.  Selain itu, Main Outdoor juga mengedepankan kualitas program dan hasil dokumentasi yang maksimal, agar para wisatawan mendapatkan pelayanan prima, sehingga setiap detik bermain di alam terbuka, wisatawan dapat mengalami pengalaman berwisata yang  super mewah, sangat berkesan dan bermakna sepanjang hidup.

Dalam event kali ini, Main Outdoor menawarkan paket Royal Camping Prau Memukau. Menawarkan pendakian tanpa membawa barang apa pun, ditemani makanan kualitas, hotel bintang 5, suasana camping yang mewah dan menyenangkan. Pada event kali ini Main Outdoor menawarkan diskon 10%. (Gabriel Bobby)

Share