Menparekraf Sandiaga Uno Ungkap Produk UMKM Meningkat saat Lebaran 2021

Share

Menparekraf Sandiaga S Uno

PATADaily.id – Menparekraf Sandiaga S Uno mengungkapkan bahwa perayaan Idul Fitri 1442 H atau Lebaran 2021 memang masih penuh tekanan akibat masih adanya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Namun dia melanjutkan, dengan berbagai inovasi dan kreativitas masyarakat Indonesia, segala tekanan akibat adanya wabah virus Corona tersebut, bisa diminimalisir dengan banyaknya peluang usaha baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Adanya larangan mudik Lebaran kali ini juga rasa rindu ke handai taulan sedikit terobati dengan kiriman hampers sebagai produk kreatif,” kata Sandiaga Uno saat Halal Bihalal Virtual, Senin, 17 Mei 2021.

Dia mengaku, meski tidak ada mudik, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terbantu dengan program #GakMudikDibikinAsik.

Melalui program ini, produk-poduk UMKM masih bisa terus mendapatkan permintaan. Menparekraf Sandiaga mengaku bersyukur karena produk UMKM banyak peminatnya.

“Alhamdulillah banyak produk UMKM ke sanak saudara handai taulan ke kampung halaman dengan produk ekonomi kreatif, kuliner, fesyen dan produk lain yang dikemas dan ditata dalam sebuah keranjang serta diberikan subsidi ongkir,” paparnya.

Untuk itu, dia menekankan, meski sudah dua tahun Idul Fitri di Indonesia harus merayakan tidak dengan secara fisik bertemu keluarga, namun ini menjadi salah satu faktor pendorong tumbuhnya pergerakan di sektor ekonomi kreatif.

“Kita harus semakin kreatif dan produktif ini kementerian yang terus menggelorakan inovasi adaptasi dan kolaborasi produktivitas dan kreativitas harus menjadi unsur yang tidak terpisahkan agar kita bisa mengatasi masalah kesehatan,” ungkap Sandiaga.

Oleh sebab itu, Sandiaga memastikan, Kemenparekraf ke depannya akan terus meluncurkan program-program pendukung atau bantuan terhadap sektor-sektor tersebut.

Supaya bisa cepat pulih dari dampak pandemi COVID-19. “Kami di Kemenparekraf akan meluncurkan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu agar kita bisa membantu 34 juta saudara-saudara kita yang terdampak pandemi COVID-19,” tegasnya.

Pada kesempatan ini Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya juga hadir secara online. Tak hanya itu, Menparekraf Wishnutama Kusubandio sebelum digantikan Sandiaga Uno juga hadir secara online. (Gabriel Bobby)

Share