Untukmu Indonesiaku

Share

Susanty Widjaya (tengah) (Ist)

PATADaily.id – Webinar Untukmu Indonesiaku merupakan inisiasi program dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI (Bappenas RI) yang bekerja sama dengan Sekretariat Nasional SDG’s Indonesia dan Kitong Bisa.

Kegiatan tersebut dilakukan secara Hybrid yang diselenggarakan secara offline di Hotel The Sultan dan online melalui aplikasi Zoom dan live streaming Kompas Tv pada Kamis, 29 April 2021, mulai pukul 13.00-16.00 WIB.

Kegiatan Untukmu Indonesiaku menghadirkan Suharso Monoarfa selaku Keynote Spekar dan 11 narasumber lainnya, seperti Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian), dan Aris Indanarto (Staff Ahli Kementerian Investasi/BKPM RI).

Juga dihadiri Mohamad Lokatani (Wakil Gubernur Papua Barat), Ibu Nita Yudi (Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), Hartono Prawiraatmadja (Kepala BRGM), Susanty Widjaya (Ketua Umum Asensi Lisensi Indonesia atau ASENSI), Alue Duhong (Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nina Yulianti (Ketua SDG’s Universitas Palangka Raya), Fitrian Ardiansyah (CEO Yayasan Inisiatif Dagang Hijau), dan Billy Mambrasar (Staf Khusus Presiden RI & Duta SDG’s Indonesia).

Siaran pers yang diterima patadaily.id, Kamis (6/5/2021) menulis, webinar tersebut merupakan bagian dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (The 2030 Agenda for Sustainable Development Goals atau SDGs), yaitu kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDG’s terdiri dari 17 tujuan dan 169 target dengan cakupan dimensi sosial, ekonomi, lingkungan dan tata kelola yang saling terintegrasi dan tidak terpisahkan.

Fokus dari TPB/SDGs adalah peningkatan kesejahteraan, mengurangi kesenjangan, dengan memberlakukan prinsipprinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”.

Dengan adanya Webinar Untukmu Indonesiaku yang diselenggarakan oleh Bappenas, merupakan langkah lanjutan untuk mendukung Presiden Jokowi dalam mewujudkan Inpres No 9 Tahun 2020 dan Kepres No 20 Tahun 2020 guna memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dan tidak lagi berfokus kepada daerah Jawa.

Penyelenggaraan acara ini merupakan sebuah wadah yang ditujukan untuk mendukung semua program/kegiatan yang mengarah pada pelaksanaan pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia timur dalam upaya mengurangi ketimpangan di atas.

Selain itu, acara ini juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para tokoh dan perusahaan yang berperan aktif untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan berkelanjutan Indonesia bagian timur.

Susanty Widjaya sebagai Ketua Umum ASENSI mendukung program SDG’s dan pembangunan Indonesia dari Timur ini.

“Beberapa kegiatan kami di ASENSI adalah mengurangi kemiskinan dan kelaparan dengan berbagai bentuk kegiatan sosial yang kami lakukan di tahun 2020 sejak pandemi covid-19 berlangsung dari ASENSI Peduli Gojek, ASENSI Peduli Garda Depan untuk tim medis, rumah sakit, dan lainnya, ASENSI Peduli kaum dhuafa dalam rangka bulan puasa dan Lebaran, ASENSI bersama Lions Club membangun warung Rp5.000 buat yang membutuhkan, ASENSI Peduli Para pemusik resto, cafe dan hotel di Indonesia yang terkena dampak pemutusan kontrak kerja dan kehilangan pekerjaan,” tuturnya ketika dihubungi patadaily.id.

Susanty menambahkan bahwa pihaknya juga sangat mendukung program kemitraan di member.

Dan, lanjutnya sebagai pelaku usaha UMKM, Susanty juga mengaku bangga bahwa Bakmi Naga Resto dan Batavia Cafe dapat hadir sudah sampai ke kota paling timur Indonesia yakni sampai ke Terante dan di Merauke, Papua. (Gabriel Bobby)

Share