‘Keluarga yang Kita Cintai Menunggu di Hari Raya’

Share

dr Jusuf Kristianto (Ist)

PATADaily.id – Pandemi covid-19 hingga hari ini masih melanda Indonesia. Menjelang Idul Fitri 1442 H pemerintah melarang mudik Lebaran 2021 mulai 6 hingg 17 Mei mendatang guna mengantisipasi peningkatan angka positif karena virus corona.

“Setahun lamanya saya sudah mengedukasi masyarakat melalui media radio ,TV, dan media online. Alhamdulillah negara kita tidak terjadi ledakan covid-19 yang tidak terkendali,” kata dr Jusuf Kristianto yang dihubungi patadaily.id, Senin (3/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa dirinya masih ingat Lebaran tahun lalu masyarakat Indonesia dapat melewati dengan membatasi mudik dan penularan terkendali covid-19.

“Demikian juga saat Idul Adha, libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mengapa kita bisa berhasil menjaga ledakan covid-19 ini karena peran serta kita semua,” ujar dr Jusuf dari Kementerian Kesehatan Kesehatan.

Ingat jaga diri, lanjutnya, jaga keluarga, jaga lingkungan, ikut bela negara dengan cara jaga kesehatan bangsa Indonesia.

“Di pasar yang padat tidak ada jarak karena padat maka ventilasi sirkulasi akan terganggu dan jika belanja pasti lebih dari satu jam yang berarti durasi waktu dalam kerumunan meningkat,” urai dr Jusuf Kristianto Kepala Pusat Penelitian Poltekkes Jakarta.

Menurutnya, bangsa yang besar akan hancur oleh serangan musuh dari luar, seperti teroris tetapi yang suka tidak disadari adalah serangan virus atau suatu penyakit bisa juga menghancurkan suatu bangsa yang besar.

Dalam hal ini, dr Jusuf mengutarakan, “kita setuju jika adanya THR untuk mengerakkan ekonomi masyarakat tetapi kita harus berpikir bijak dengan berbelanja online saja bisa memilih dan membandingkan harga yang murah, bisa memilih pasar yang sepi karena dalam pasar rawan penularan. Ingat teori durasi ventilasi dan jarak”.

“Ada yang bilang, kita pakai masker padahal saat belanja mungkin membuka atau terbuka tanpa sadar, kita tidak pernah tahu kiri kanan kita OTG (orang tanpa gejala), risiko penularan lewat droplet dan mikro droplet yang bisa melayang dan terbang dalam hitungan detik melayang 2 meter dan bertahan lebih dari 3 jam dalam udara dengan sirkulasi udara yang buruk,” jelasnya.

Ia mengajak masyarakat untuk mencintai diri agar tidak tertular covid-19. “Dan, ingatlah keluarga kita menanti di rrumah dan yakinilah kita tidak menularkan pada keluarga kita agar pada hari kemenangan idul Fitri bisa dirayakan dengan sehat rohani juga sehat jasmani,” tutupnya. (Gabriel Bobby)

Share