Kejurnas Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021 Digelar di Sirkuit Badak Tanjung Lesung

Share

Rally di Tanjung Lesung (Ist)

PATADaily.id – Ketua MPR yang juga sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka putaran pertama Kejuaraan Nasional Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021, di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten.

“Panitia serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) wilayah Pandeglang melaporkan, selama dua hari penyelenggaraan acara, lebih dari 200 kamar homestay dan 5 hotel di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terisi penuh. Bahkan ada hotel yang belum secara resmi dibuka, harus dipakai untuk menampung kebutuhan penginapan para pembalap dan crew. Begitupun UMKM di sektor kuliner, souvenir, cinderamata, hingga transportasi yang merasakan langsung dampak ekonomi atas penyelenggaraan kejuaraan ini. Perputaran uang di masyarakat diperkirakan mencapai lebih dari Rp 2 miliar,” ujar Bamsoet , sapaan akrabnya usai membuka Kejuaraan Nasional Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021, di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, Minggu (11/4/21).

“Selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motor cross, drag, drift, carting, hingga safety driving course. Menjadikannya sebagai salah satu sport automotive tourism unggulan Indonesia, khususnya untuk kejuaraan otomotif dengan medan tanah. Semakin banyak kejuaraan yang diselenggarakan, semakin banyak pemasukan ekonomi bagi masyarakat dan PAD Banten,” ujarnya.

Senada dengannya, Bro Putranto dari komunitas Unimog Owner Indonesia menjelaskan bahwa Tanjung Lesung cocok untuk menggelar kegiatan otomotif.

Seperti diketahui, kegiatan otomotif di Tanjung Lesung termasuk bagian dari The 1st & Largest Adventure & Nature Playground in Indonesia yang ada di destinasi wisata Tanjung Lesung yang diperkenalkan manajemen PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Tanjung Lesung kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno.

Sandiaga terlihat serius mendorong pengembangan Indonesia X World di Tanjung Lesung.

Ia mengatakan, adanya Indonesia X World yang ada di Tanjung Lesung menebar harapan untuk kebangkitan pariwisata di Tanah Air.

Sementara Direktur Utama PT BWJ Poernomo menjelaskan bahwa Tanjung Lesung adalah destinasi wisata yang cocok untuk sport tourism.

Ia menjabarkan bahwa di Tanjung Lesung bisa untuk kegiatan otomotif, seperti rally.

Bahkan, Unimog Owner Indonesia juga berkunjung ke Tanjung Lesung sebagai bagian aktivitas komunitas otomotif tersebut.

Tak ketinggalan juga bisa untuk cross triathlon, yang sudah dikenal dengan event Rhino X Triathlon (triathlon di medan cross country pertama di Indonesia). Juga bisa untuk aktivitas aerosports serta marine sports.

Menariknya Tanjung Lesung juga mulai dikenal sebagai eco tourism karena akan ada faunaland dan agro farm.

Adapun Indonesia X World itu meliputi kegiatan Aero karena ada fasilitas airstrip Salakanagara, Land lantaran sudah ada event tahunan Rhino X Triathlon, Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon dan lainnya, Marine sudah ada pusat water sports di Lalassa Beach Club yang juga melayani panjelajahan bahari hingga ke perairan Krakatau dan Taman Nasional Ujung Kulon, Motor sebab sudah dibangun fasilitas Badak Circuit tempat berlaga kejuaraan sprint rally, motocross dan off road sehingga bisa menjelajahi kawasan pedesaan di sekitar Tanjung Lesung yang memiliki pemandangan yang indah. (Gabriel Bobby)

Share