ASTINDO Gelar ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020

Share

Nia Niscaya

PATADaily.id – Untuk kali pertama ASTINDO menggelar ajang bisnis (B to B) secara virtual, yakni ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020, Senin 13 Juli 2020.

Elly Hutabarat

Turut hadir secara virtual, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf), Nia Niscaya dan membuka ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020.

Sementara Ketua Umum ASTINDO, Elly Hutabarat mengatakan, di tengah tantangan berat yang dihadapi oleh pelaku industri pariwisata selama beberapa bulan terakhir ini sebagai dampak pandemi Covid-19, maka ASTINDO menginisiasi penyelenggaraan ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara yang
mempertemukan Seller dan Buyer dan anggota ASTINDO untuk mendinamiskan bisnis para pelaku industri pariwisata dan industri pendukungnya serta mendorong para pelaku industri pariwisata agar segera menyiapkan produk wisatanya agar dapat segera dipasarkan paska pandemi Covid-19.

“Kami sangat optimistis sektor pariwisata domestik akan cepat bangkit melihat sinergi antara para pelaku industri pariwisata dan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder lainnya untuk membangkitkan pariwisata domestik”, tambah Elly.

“Kami mendukung penuh upaya dan langkah-langkah pemulihan yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam menyambut kondisi kenormalan baru di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, utamanya terkait dengan penerapan protokol Kebersihan, Kesehatan, dan Keamanan (Cleanliness, Health, and Safety atau CHS) untuk meningkatkan kepercayaan wisatawa,” lanjut Elly.

“Sejalan dengan hal ini, kami telah mensosialisasikan program CHS tersebut kepada para tour operator dan travel agent, khususnya anggota ASTINDO agar dapat diterapkan dengan baik. Kami yakin, gaining trust atau confidence merupakan kunci dalam percepatan pemulihan pariwisata,” papar Elly.

“Dan kami percaya bahwa seluruh produk paket wisata yang akan ditawarkan pada ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara ini merupakan produk wisata yang sudah sesuai dengan standar protokol kesehatan yang telah disyaratkan oleh Pemerintah, yaitu produk paket wisata yang komponen di dalamnya sudah
mengacu pada Cleanliness, Healthy and Safety (CHS),” lanjut Elly.

Ia menuturkan, ASTINDO berharap kegiatan ini dapat mendorong pemulihan bisnis pariwisata Indonesia serta membangkitkan semangat para pelaku industri pariwisata agar tetap mendapat kesempatan membangun networking sekaligus menciptakan peluang bisnis baru.

“Ke depan, kami bermaksud untuk melanjutkan kegiatan ini dalam beberapa series selama masa pandemi ini,” tutup Elly.

Sedangkan Ketua Pelaksana ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020, Anton Sumarli, menyampaikan, ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020 diikuti oleh 14 Seller yang terdiri dari tour operator, hotel, asuransi dan 120 Buyer yang merupakan travel agent anggota ASTINDO yang tersebar dari 11 provinsi di
Indonesia.

Anton menjelaskan, pada ajang perdana ini, jumlah peserta dbatasi agar dapat fokus dan untuk efisiensi waktu.

“Perhelatan ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020 merupakan satu wujud kepedulian kami terhadap eksistensi seluruh anggota ASTINDO ditengah situasi pandemi Covid-19 ini, dan sekaligus memberikan dukungan kepada pemerintah pada salah satu programnya yaitu membangkitkan industri
pariwisata nasional,” tutup Anton.

Pada kesempatan ini juga dipaparkan mengenai New ASTINFO Hub yang merupakan salah satu project ASTINDO untuk membantu anggota ASTINDO melakukan transformasi ke online travel agent.

Penyelenggaraan ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sompo Insurance Indonesia sebagai sponsor, serta Pacto Convex sebagai event organizer. (Gabriel Bobby)

Share