Lawan Virus Corona, Kemenparekraf Bantu Hotel untuk Tenaga Medis

Share

Menparekraf Wishnutama Kusubandio (Ist)

PATADaily.id – Pemerintah akan bekerja sama dengan sektor perhotelan untuk menangani wabah virus corona yang tengah melanda di Indonesia.

Adapun pemerintah akan menyediakan hotel yang akan menjadi tempat tinggal para tenaga medis tersebut. Hal tersebut disampaikan Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam jumpa pers secara online, Senin (23/3/2020).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menjelaskan, hotel yang akan menjadi tempat tinggal tenaga medis itu berlokasi di sekitar rumah sakit yang menangani COVID-19.

“Ada beberapa langkah yang sedang kami lakukan, di antaranya Kemenparekraf sedang menyiapkan kerja sama jaringan hotel untuk menjadi sarana tempat tinggal para tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah agar mereka lebih dekat rumah sakit yang menangani wabah,” kata Wishnutama.

“Dan jika perlu nantinya bisa dijadikan lokasi isolasi mandiri. Secara khusus saya sudah bicara dengan Kepala BNPB untuk berkoordinasi tentang hal ini,” ujarnya.

Wishnutama mengaku juga tengah berkoordinsi dengan pihak penyedia layanan transportasi. Ia mengemukakan bahwa pihaknya akan meminta penyedia jasa untuk membantu menyediakan alat transportasi untuk tenaga medis.

“Kemenparekraf juga sedang melakukan koordinasi dengan penyedia transportasi untuk menyediakan alat transportasi untuk petugas medis dan gugus tugas,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, pemerintah juga tengah berupaya memberikan stimulus kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal itu untuk meminimalisir potensi pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Pemerintah juga akan berupaya mengusulkan stimulus ekonomi agar dapat meringankan beban dan biaya untuk pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga dapat mengurangi potensi PHK karyawan di sektor tesebut,” urainya. (Gabriel Bobby)

Share