Kereta Api Diharapkan Sediakan Toilet Ramah Penyandang Disabilitas

Share

Inisiator Jakarta Barrier Free Tourism Faisal Rusdi (kiri)

PATADaily.id – Inisiator Jakarta Barrier Free Tourism Faisal Rusdi berharap kedepannya pihak kereta api Indonesia bisa menyediakan toilet khusus yang ramah bagi penyandang disabilitas, terutama pengguna kursi roda.

Faisal mengaku, seringkali perjalanan selama 7 hingga 8 jam yang ditempuh menggunakan kereta api membuatnya enggan minum selama perjalanan karena khawatir tidak bisa buang air.

Tentu saja ini menganggu kesehatan. Ia menuturkan kerap kebingungan saat ingin menggunakan toilet. “Kereta api antarkota belum ada toilet khusus untuk penyandang disabilitas sehingga kami tidak minum selama perjalanan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, pengelola tempat umum seharusnya telah menyadari bahwa fasilitas ini tersedia khususnya di tempat-tempat publik. Ketersediaan toilet bagi penyandang disabilitas harus memenuhi lima unsur yakni kemudahan, kenyamanan, kemandirian, dan keamanan. “Kemudahan yang harus disediakan agar memudahkan pengguna kursi roda bisa beraktivitas di toilet tersebut,” kata Faisal. (Gabriel Bobby)

Share