Februari, Promosi Pariwisata Indonesia di Perancis Semakin Gencar

Share

Eka Moncarré, VITO Perancis (Ist)

Promosi Pariwisata Indonesia di Prancis Semakin Gencar di Februari. Dalam rangka meningkatkan wisman Prancis ke Indonesia, VITO Perancis bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Marseille akan melakukan beberapa acara promosi di Februari ini, salah satunya adalah acara Roadshow Indonesia.

Bertepatan dengan ulang tahun 70 tahun masa hubungan diplomatik antara Indonesia dan Perancis, akan diselenggarakan workshop tourism business-to-business di empat kota Perancis, yaitu Toulouse, Bordeaux, Paris dan Lille mulai 24 Februari hingga 27 Februari mendatang.

Adapun Partner-partner yang akan ikut serta dalam workshop datang dari berbagai sektor sebagai berikut:

Airline companies: Singapore AirlinesQatar AirwaysTurkish Airlines 
       EmiratesEva AirAsiana Airlines 
     
Hotel : Plataran IndonesiaPramana Hotels   
Travel partners : Archipel Contact Golden KrisShanti TravelExo Travel Garuda Holidays France  
Cruise :Star Clippers FranceAqua Expeditions  

Workshop Indonesia 2020 adalah workshop keempat yang diselenggarakan oleh VITO Perancis,  dimana bertujuan menciptakan networking antara pelaku wisata Indonesia dan travel-travel agent di Perancis. Kegiatan ini juga merupakan inisiatif untuk memberikan informasi-informasi terbaru berkaitan dengan perkembangan pariwisata di Indonesia dengan 5 top prioritas destinasi, produk-produk baru dan terutama mendatangkan bisnis ke Indonesia.

 Diharapkan lewat acara workshop ini, travel-travel agent di Perancis mengenal Indonesia lebih jauh dan menjual paket-paket wisata di seluruh Indonesia selain Bali. Terutama dalam situasi virus Corona saat ini, penting untuk Indonesia meyakinkan partner-partner travel agent bahwa Indonesia tetap aman dan mereka bisa menjual paket-paket wisata ke Indonesia tanpa masalah.

Siaran pers yang diterima patadaily.id, Senin (17/2/2020) menulis, kegiatan promosi kedua yang dilakukan adalah diundangnya Indonesia sebagai tamu kehormatan di Journée porte ouverte, Sabtu 29 Februari 2020 di akademi pariwisata L’Ecole Hôtelière Saint-Quentin-En-Yvelines.

Akademi pariwisata ini akan menyelenggarakan journée porte ouverte untuk mengundang publik, orangtua murid dan pelajar yang akan hadir sekitar 1500-2000 orang.

Identik sebagai tempat untuk bertukar informasi, berbagi pengalaman dan waktu untuk beramah-tamah, journée porte ouverte atau open day ini adalah peluang besar bagi Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia untuk menginformasikan tujuan-tujuan turistiknya kepada masyarakat dan siswa-siswa yang terlibat.

KBRI dan VITO Perancis bekerja sama dengan memberikan dukungan animasi acara dan logistik. Program acara ini berlangsung selama satu hari, dari pukul 9:00 hingga 16:30 waktu setempat.

Acara akan dibuka dengan kata sambutan dari Arrmanatha Nasir, Duta Besar Indonesia di Perancis, kemudian sambutan dari  Mr Demarle, Direktur  L’Ecole Hôtelière Saint-Quentin-En-Yvelines.

Rangkaian acara ini akan dipenuhi dengan hiburan tarian Indonesia, presentasi tentang Indonesia, degustasi makanan Indonesia, workshop massage Bali oleh Mamabali SPA, juga promosi paket-paket tur oleh Garuda Holiday France.

Selain itu pelajar-pelajar dari akademi Pariwisata Ecole Hoteliere Saint Quentin en Yvelinnes akan membuat 7 stand dengan tema dan dekorasi Indonesia dan dinamakan 7 pulau di Indonesia, 3 stan terbaik akan diberikan hadiah goodies bag Wonderful Indonesia. Semua acara di hari itu dilakukan untuk mempromosikan Indonesia ke publik Perancis.

Dengan adanya epidemic virus Corona ini justru menjadi tantangan untuk VITO Prancis berkolaborasi bersama dengan KBRI Paris dan KJRI Marseille untuk lebih mempromosikan kepada publik, menginformasikan tentang keindahan alam Indonesia dan meyakinkan masyarakat untuk tetap mengunjungi Indonesia. Diharapkan rangkaian kegiatan marketing selama bulan ini akan meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun ini. (Gabriel Bobby)

Share