Kereta Api Cocok untuk Traveling di Indonesia

Share

Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono tengah menjelaskan fasilitas di kereta wisata


PATADaily.id Destinasi wisata yang beragam di Indonesia, termasuk di Pulau Jawa ternyata diminati wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Menariknya banyak traveler yang pergi traveling ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Jawa dengan menggunakan jasa moda transportasi kereta api.

Tak hanya itu, kereta api juga banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk sejumlah aktivitas lainnya. Sebut saja ketika Idul Fitri dan Natal juga Tahun Baru tiba setiap tahun. Ya, mereka menggunakan jasa kereta api untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing ketika libur Lebaran dan Natal serta akhir tahun.

“KAI Grup tidak hanya sekadar memberikan tarif yang lebih bisa diterima oleh masyarakat tetapi yang lebih penting adalah adanya peningkatan pelayanan yang berkesinambungan,” ucap Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono ketika dihubungi patadaily.id, Kamis (16/1/2020).

Adapun publik di Indonesia sejak akhir 2018 silam hingga 2019 lalu dikejutkan dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat yang tidak wajar sehingga sempat menjadi pembahasan hangat di Tanah Air.

Ya, masyarakat negeri ini pun banyak yang menyuarakan keberatannya mengenai harga tiket pesawat yang mahal. Harga tiket pesawat yang mahal membuat ada wisatawan Nusantara (wisnus) yang ingin traveling di beragam destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air, khususnya di Pulau Jawa mulai tahun lalu sepertinya mulai memilih menggunakan moda trasnportasi lainnya, seperti kereta api.

Adalah Maria Angela Hendrika Yuniarti Arang Koja, seorang wisnus ketika dihubungi patadaily.id, Kamis (16/1/2020) menuturkan, kereta api bisa menjadi moda transportasi untuk jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Pulau Jawa.

Yuni, sapaan akrab traveler yang menetap di Jakarta ini menyebutkan, Yogyakarta, Solo, dan Semarang adalah sejumlah destinasi wisata yang menarik di Pulau Jawa yang bisa menuju ke sana dari Jakarta dengan menggunakan jasa kereta api.

“Kenapa tidak naik kereta api kalau harga tiket pesawat mahal dan tidak ada salahnya naik kereta api ketika lagi ingin melancong sebab enak juga naik kereta api untuk traveling di Pulau Jawa,” urai perempuan berparas manis ini.

Jadi, lanjutnya, tak ada salahnya menyiapkan itinerary untuk jalan-jalan ke destinasi wisata yang ada di Pulau Jawa mengguakan kereta api.

Berdasarkan catatan patadaily.id, sejumlah destinasi wisata yang menarik di Pulau Jawa selain Solo, Yogyakarta dan Semarang yang bisa menggunakan kereta api, yakni Bandung, Cirebon, Malang, Surabaya, dan Banyuwangi.

Bahkan, tak hanya wisnus yang memilih menggunakan kereta api namun wisatawan mancanegara (wisman) ketika berada di Indonesia juga mulai suka melancong menggunakan kereta api.

Adapun wisman yang memilih traveling ke Indonesia rupanya menyukai jalan-jalan di negeri ini dengan menggunakan kereta api. Hal tersebut diketahui dari akun media sosial, instagram @railfans.indonesia yang dilihat patadaily.id, Senin (13/1/2020). Seorang turis mancanegara bernama Matias mengaku menikmati perjalanan berlibur di Indonesia dengan kereta api.

Seiring dengan meningkatnya pelayanan di kereta api (KA) dan beragamnya kelas yang ditawarkan oleh KAI grup yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia dan wisatawan, tak ketinggalan wisatawan mancanegara mulai dari kelas ekonomi, ekonomi premium, eksekutif, priority dan luxury termasuk juga kereta wisata membuat KA kini menjadi pilihan utama masyarakat dalam melaksanakan kegiatan transportasinya termasuk kegiatan berwisatanya.

Demikian dipaparkan Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono ketika dihubungi patadaily.id, Selasa (14/1/2020). Totok menuturkan, tidak hanya masyarakat Indonesia saja yg semakin menggemari transportasi KA tetapi juga wisatawan dari mancanegara juga semakin merasakan kenyamanannya.

“KA semakin disukai tidak hanya wisatawan Nusantara tapi juga wisatawan mancanegara,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

Share